Batu tourmaline adalah batu permata yang tergolong ‘semi precious stone’ yang tersedia dalam berbagai warna. Nama tourmaline berasal dari kata Tamil dan Sinhala “Turmali” atau “Thoramalli” yang diterapkan pada batu permata yang ditemukan di Sri Lanka.

Keindahan Warna Batu Tourmaline

Tourmaline memiliki beragam warna. Biasanya, turmalin yang kaya zat besi berwarna hitam sampai hitam kebiruan hingga coklat tua. Sementara varietas kaya magnesium berwarna coklat sampai kuning. Turmalin yang kaya kandngan lithium hampir berwarna: biru, hijau, merah, kuning, dan pink.

Turmalin water melon adalah permata jenis langka dari batu permata ini. Menampilkan tiga warna yang berbeda dalam kristal yang sama: hijau (kulit semangka), merah muda (buah manis) dan putih (kulit). Seperti pada batu permata ametrine, warna turmalin semangka terjadi 100% secara alami.

Secara psikologis, pink tourmaline merupakan kristal permata yang luar biasa untuk membersihkan emosional dari perasaan destruktif dan luka lama yang terakumulasi dari waktu ke waktu. Ini melepaskan rasa bersalah, khawatir, depresi dan kecemasan, dan membimbing emosi tersebut menjadi cinta diri.

Tinjauan psikologis tersebut adalah subjektif dan tergantung pada sugesti diri masing-masing. Intinya, keindahan batu permata tourmaline dapat mendorong rasa syukur kita dimana semakin sulit melihat keindahan alami pada dunia modern sekarang ini.

Berikut merupakan beberapa varian warna batu permata tourmaline yang sedang dijual secara online dengan harga promo hingga diskon 50%.

batu tourmaline multi warna (water melon tourmaline)
batu tourmaline hijau kebiruan
batu tourmaline hijau pekat bercahaya
batu tourmaline mata kucing (cat eye)
batu permata tourmaline warna pink merah muda
batu tourmaline indicolite

Salah satu warna turmalin yang paling banyak dicari dan yang umum tersedia adalah varietas merah muda / merah yang dikenal dalam perdagangan sebagai rubellite.

Warna turmalin hijau pastel memberi pasar alternatif terhadap batu zamrud yang kaya dengan warna hijau peroksida yang lebih lembut. Yang terbaik, turmalin hijau transparan, cemerlang, dan bersih, dengan warna hijau kebiruan yang menarik.

Kebanyakan turmalin hijau sangat pleochroic. Batu permata ini menunjukkan warna menarik di kedua arah – seperti hijau terang satu dan biru di tempat lain, ini merupakan tourmaline yang paling bernilai tinggi.

Ciri Batu Tourmaline Asli

Tourmaline mengkristal dalam sistem trigonal; Tidak ada mineral umum lainnya yang memiliki prisma tiga sisi. Pada dasarnya, dalam menentukan mana batu permata tourmaline asli dan mana yang palsu cukup mudah. Anda dapat melihat perbedaan tersebut dengan mata biasa.

Inklusi pada batu permata tourmaline yang paling khas akan menyerupai rongga seperti benang yang sejajar dengan panjang kristal. Di bawah perbesaran, Anda dapat melihat bahwa mereka dipenuhi dengan gelembung cair. Tabung berongga panjang yang sering ditutupi kristal mineral juga merupakan inklusi turmalin secara umum. Jika mereka cukup banyak, dan yang kasar dipotong dengan benar, mereka bisa menyebabkan efek mata kucing.

Batu permata tourmaline yang asli seperti pada batu permata jenis lainnya, memiliki serat atau inklusi. Walau sebersih apapun terlihat, jika di amati dengan kaca pembesar atau dengan kamera yang memiliki ‘optical zoom’ maka akan terlihat serat inklusi tersebut.

Selain itu, permainan cahaya pada batu permata tourmaline akan berkerlip secara atraktif dan dinamis. Anda dapat melihat batu permata palsu di banyak toko emas yang menjual cincin emas. Jika kita perhatikan, sederet cincin emas yang menggunakan batu palsu tersebut memiliki cahaya yang konstan atau diam tak bergerak. Disinilah perbedaan batu permata asli dan palsu, selain dari warna juga dari permainan cahaya yang cepat menarik mata yang melihat.

Harga Batu Tourmaline

Harga batu permata tourmaline yang paling mahal adalah ‘Paraíba Tourmaline’. Harga batu tourmaline ini dapat mencapairatusan juta rupiah per karat. Chrom tourmaline, rubikel, indicolite tourmaline dan tourmaline dua warna (Water Melon Tourmaline) bisa dijual seharga Rp. 13 juta per carat atau lebih. Varietas lain tersedia dengan harga antara Rp. 600.000 hingga Rp. 10 juta/carat, tergantung pada kekayaan warnanya.

Berikut merupakan harga rata-rata batu tourmaline per carat dalam kurs USD dan distribusi permata tourmaline di pasaran dunia berdasar harganya.

harga pasaran batu tourmaline asli per carat (dalam USD)
distribusi batu permata tourmaline

Pada sebuah toko permata online di Indonesia, batu permata tourmaline dijual di kisaran ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Mereka sedang mengadakan promo diskon perkenalan kualitas koleksi batu permata hingga 50%. Tentunya bagi anda yang sudah terbiasa berkreasi dengan perhiasan mahal akan segera mengambil kesempatan ini. Disamping itu, bagi anda yang ingin menikah, batu tourmaline sangat layak untuk menjadi hiasan permata pada cincin kawin yang exclusive dengan hiasan micro setting berlian di sekelilingnya.

Dibawah ini merupakan contoh perhiasan tourmaline dalam bentuk liontin dan kalung.

perhiasan liontin tourmaline
kalung tourmaline watermelon

Dengan bermodal jutaan rupiah untuk membuat cincin permata tourmaline, anda dapat menjual lagi perhiasan tersebut berkali lipat. Barang jadi perhiasan dapat lebih menguntungkan ketimbang menjual batu permata saja. Ini merupakan peluang bisnis sampingan bagi anda yang bekerja di perkantoran dan tergolong kreatif.

Anda juga dapat menjual perhiasan jadi dari batu permata tourmaline melalui situs marketplace online baik di Indonesia, atau di negara lain, sebagai contoh di Etsy.com dimana anda dapat meraih keuntungan jutaan hingga puluhan juta rupiah per 1 produk. Seni perhiasan tidak hanya bergantung dari modal bahan, akan tetapi sense of art dan ide kreativitas juga sangat berpengaruh pada harga jual.

Tips Belanja Batu Tourmaline

Dalam melakukan pemilihan terhadap batu permata favorite anda, sarana toko online permata dapat diandalkan. Anda tidak perlu susah payah dan dapat menghemat waktu. Selalu perhatikan foto dan video pada batu permata tourmaline yang ingin anda beli. Warna batu permata di foto terkadang berbeda, oleh karena itu anda harus memperhatikan video batu permata tourmaline yang akan dibeli.

Dengan adanya video batu permata, anda dapat lebih detail dalam memperhatikan batu permata yang ditawarkan. Selain itu, video permata tersebut membuktikan keberadaan barang yang dijual oleh OL Shop tersebut.

Untuk anda yang masih tergolong awam dalam menentukan batu permata, sebaiknya beli batu permata tourmaline yang sudah ada hasil cek keaslian dari lab gemologi terkenal seperti IGL ASIA.

Pin It on Pinterest

Share This