Dalam bisnis apapun, terutama di sebuah perusahaan yang banyak melibatkan perangkat IT, data adalah salah satu elemen kunci yang digunakan dalam menjalankan operasi sehari-hari. Ada beberapa cara di mana perusahaan dapat menyimpan dan melindungi data. Dengan mengetahui manfaat solusi disaster recovery, perusahaan dapat lebih yakin dalam melakukan transformasi digital.

Solusi Disaster Recovery DRaaS

Di masa lalu, persiapan bencana sering membutuhkan staf IT untuk melakukan perjalanan ke pusat data off-premise dan / atau menyalin data perusahaan ke kaset. Namun, kemajuan teknologi dan platform komputasi telah memungkinkan penciptaan mekanisme penyimpanan data yang lebih baik dan lebih terukur. Ini telah membuka jalan bagi solusi Layanan Pemulihan atau Disaster Recovery as a Services (DRaaS) yang dapat digunakan sebagai pengganti tim TI internal.

Ketika ada pelangaran atau penyusupan ke data, kerugian yang tak terkendali akan terjadi. Untuk mencegah hal ini, banyak perusahaan memilih untuk memiliki tindakan cepat dan tim yang di dedikasikan untuk mengelola situasi seperti itu.

Hari ini, Anda akan menemukan dua kategori utama dari komputasi: komputasi awan dan komputasi berbasis server. Ini termasuk penggunaan DRaaS atau metode backup tradisional untuk melindungi dan menyimpan data. Dengan teknologi saat ini, DRaaS menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan backup dan pemulihan bencana metode tradisional.

DRaaS cukup handal dan membantu dalam banyak tantangan, termasuk mobilitas, portabilitas dan kinerja tinggi, antara fitur-fitur lainnya. Pemulihan bencana secara tradisional tidak menawarkan kemampuan yang DRaaS bisa berikan. Pada bagian berikut, kita akan melihat beberapa alasan mengapa Anda harus beralih dari metode lain dan mengandalkan DRaaS untuk pemulihan bencana.

Keuntungan DRaaS

Beberapa solusi disaster recovery seperti yang DRaaS dapat berikan untuk perusahaan anda adalah:

  • Kecepatan Pemulihan

    Perusahaan Anda tidak pernah bisa memastikan kapan bencana akan terjadi. Jika terjadi, berapa banyak downtime yang dapat di toleransi ?. Setiap detik daya yang keluar atau kegagalan server berarti kerugian besar bagi perusahaan Anda. Dengan solusi DRaaS di tempat, Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini: jika bencana terjadi, Anda akan dapat mengembalikan operasi dalam hitungan menit. Kecepatan dalam fail-over tersebut juga tergantung bandwidth.

  • Penggunaan Sumber Daya

    virtualisasi DRaaS menggunakan infrastruktur yang luas dan terukur. Hal ini memungkinkan akses virtual aset, dengan sedikit investasi hardware dan software atau tidak ada sama sekali. Dengan kata lain, DRaaS membutuhkan sumber daya operasional yang jauh lebih sedikit. Hal ini membawa penghematan yang signifikan dalam lisensi perangkat lunak dan perangkat keras. Organisasi dapat meningkatkan anggaran di daerah operasi operasi lainnya, seperti pemasaran dan R & D. Bisnis yang menggunakan DRaaS tidak perlu khawatir tentang server backup, sebagai penyedia layanan mereka akan didukung oleh state-of-the-art data center, bersama dengan bandwidth skala korporasi dan daya komputasi untuk perusahaan.

  • Fleksibilitas

    Dibandingkan dengan metode solusi disaster recovery tradisional, DRaaS jauh lebih fleksibel. Berbagai layanan DRaaS menawarkan kepada klien lebih banyak pilihan dalam bagaimana menangani sistem bisnis yang berbeda. Setiap perusahaan yang menggunakan solusi DRaaS dapat memilih dari berbagai lingkup pemulihan, tergantung pada jenis bencana. Ini dapat termasuk kegagalan server, bencana yang disebabkan manusia, pemadaman listrik, data yang menghambat, dan banyak lagi.

  • Keamanan

    Keamanan di DRaaS umumnya disalahpahami. Anda harus memilih penyedia solusi disaster recovery dengan bijaksana. Sebagai contoh, penting untuk memastikan bahwa penyedia kompatibel dengan semua badan pengawas yang relevan. Selain memastikan pusat data tersebut aman secara fisik, Anda juga harus melakukan  verifikasi data yang di enkripsi dalam pengiriman dan saat istirahat. Penyedia DRaaS harus menerapkan sistem otomatis untuk memantau kesehatan data Anda. Untuk ketenangan pikiran, mereka juga harus mampu memberikan laporan untuk setiap jangka waktu tertentu.

  • Profesionalisme

    Sebuah tim DRaaS profesional akan menangani akun jika terjadi bencana. Mereka akan memastikan data dan operasional pulih dalam waktu singkat, seperti yang ditentukan dalam perjanjian tingkat layanan (SLA).

Dengan banyak penyedia DRaaS di luar sana, sangat penting untuk memilih satu dengan layanan yang terbaik sesuai dengan tujuan dan sasaran perusahaan Anda. Platform DRaaS juga beragam, sehingga anda harus pastikan semua pertanyaan Anda dijawab dengan memuaskan sebelum Anda menandatangani SLA.

Setelah Anda telah menerapkan solusi DRaaS, Anda seharusnya tidak lagi perlu khawatir tentang bencana yang mempengaruhi operasi bisnis sehari-hari Anda. Untuk alasan ini, para pimpinan perusahaan harus mempertimbangkan dengan serius untuk melaksanakan DRaaS sesegera mungkin. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melaksanakan transformasi digital berkelanjutan di perusahaan anda.

Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This