Outsourcing IT dapat menekan biaya operasional perusahaan anda dalam banyak hal. Dengan menggunakan jasa outsourcing IT, perusahaan anda juga dapat menghemat anggaran investasi perangkat keras. Terutama pada bisnis besar dan menengah, dimana untuk biaya karyawan ahli cukup besar gajinya, anda dapat menggunakan jasa outsourcing IT sebagai salah satu cara menghemat biaya operasional perusahaan.

Menekan Biaya Operasional Dari Sisi Karyawan

Outsourcing IT atau jasa managed IT services, dapat menghemat banyak biaya karyawan. Dalam mengelola lingkungan infrastruktur IT, setiap perusahaan membutuhkan beberapa tenaga ahli. Berikut beberapa alasannya.

Tenaga ahli selalu diburu oleh para ‘head-hunter’, baik pada jejaring media sosial LinkedIn ataupun melalui situs pencari karyawan seperti Jobs-DB. Tenaga ahli IT di Indonesia dapat dikatakan masih sedikit. Untuk mengurus teknologi informatika saat ini, para tenaga ahli di bidangnya akan meminta bayaran lebih tinggi dari bidang lainnya.

Anda dapat menekan biaya operasional untuk gaji karyawan tenaga ahli dengan menggandeng jasa managed services.

Misal, anda memerlukan pengelolaan jaringan, server, penyimpanan dan pencadangan. Jika di pisah, anda membutuhkan setidaknya 1 orang IT Manager dan 4 hingga 8 orang staff IT. Jika mereka hanya bertugas hanya untuk menjaga kelancaran operasional IT, maka biaya operasional anda terlalu besar. Apalagi jika bisnis anda beroperasi selama 24 jam, jasa managed service dapat memberikan dukungan penuh selama 24 jam setiap hari dan tanpa libur. Seharusnya, para tenaga ahli IT dan staff IT dapat lebih berkontribusi untuk inovasi dalam rangka memajukan pertumbuhan usaha.

Kita bisa lihat contoh Domino Pizza. Pada era transformasi digital, para karyawan di departemen IT mereka merespon dengan membuat perubahan. Membuat aplikasi website dan mobile untuk pesan antar Pizza. Hasilnya, peningkatan pada kualitas Brand dan tentunya penghasilan juga meningkat.

Menekan biaya operasional perusahaan melalui penggunaan jasa outsourcing IT pada dasarnya memang dapat menurunkan kebutuhan jumlah karyawan anda. Namun, Anda tidak perlu memberhentikan para karyawan. Dengan menggunakan jasa outsrourcing IT yang anda harus evaluasi terlebih dahulu, artinya karyawan anda dapat lebih fokus untuk kemajuan bisnis. Sehingga, anda dapat lebih mengoptimalkan biaya operasional perusahaan anda.

Outsourcing IT Dapat Menekan Biaya Kepemilikan

Menggunakan jasa managed services, anda tidak hanya menghemat biaya operasional saja, akan tetapi dapat mengurangi TCO (Total Cost of Ownership) terhadap perangkat keras. Misal anda ingin total solusi untuk sentralisasi sistem IT, anda membutuhkan server baru, jaringan, dan berbagai lisensi.

Penyedia jasa tata kelola IT akan memberikan solusi untuk anda, termasuk pada penggunaan hardware. Sehingga, anda tidak perlu membeli perangkat keras lagi. Biaya kepemilikan tersebut dapat anda bandingkan, jika anda membeli perangkat keras milyaran rupiah dengan umur pakai 3 tahun. Dan pemakaian hardware tersebut di perusahaan anda mungkin tidak sampai 50%. Menggunakan managed services, anda dapat menekan biaya operasional perusahaan dengan konsep “bayar sesuai kebutuhan“.

Lisensi software seperti untuk database, monitoring tools, dan sebagainya, terkadang anda harus membeli 1 paket walau anda hanya membutuhkan 1/10 nya. Tentunya dengan menggunakan jasa managed service, anda dapat melakukan penghematan yang besar dalam hal lisensi. Perusahaan jasa managed service yang baik dapat memberikan anda solusi untuk menghemat solusi, yakni dengan metode devops.

Jasa managed service, dapat memberikan anda anggaran yang lebih murah, karena mereka memiliki infrastruktur dan perangkat induk yang dapat anda pakai bersama perusahaan lainnya. Disini kita dapat lihat bahwa jasa managed services di dalam operasional mereka sendiri, mereka akan terus mengoptimalkan kebergunaan infrastruktur dan hardware.

Hemat Biaya Training Karyawan dan Biaya Pensiun

Teknologi yang selalu berubah cepat mengharuskan para praktisi IT untuk memperbarui ilmu dan keahlian mereka. Biaya training dan sertifikasi IT cukup mahal, apalagi jika harus diambil di luar negeri. Anda dapat menekan biaya operasional ini dengan menggunakan jasa outsourcing IT.

Kenapa training karyawan IT sangat penting ? 

Kesalahan dalam dunia IT dapat menyebakan operasional anda terganggu, atau layanan terhenti. Dengan terhentinya layanan, perusahaan anda akan mengalami kerugian secara tangible dan intangible, serta harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memulihkan sistem. Tenaga ahli IT saat ini sedang menghadapi tantangan terhadap keamanan dan ancaman serangan cyber. Apakah perusahaan anda sudah siap ?

Sebuah jasa outsourcing IT akan selalu cepat dalam menanggapi perubahan teknologi informasi. Ini akan termasuk pada pembaruan keahlian bagi tim mereka agar selalu dapat memenuhi kebutuhan client. Dengan menggunakan jasa outsourcing IT dapat mengurangi biaya training karyawan.

Perusahaan di Indonesia diwajibkan untuk mengadakan program paska imbal kerja. Ini sudah diatur pada beberapa peraturan kementrian. Perusahaan yang tidak menyelenggarakan program manfaat pensiun ini akan sulit untuk mendapatkan hasil audit wajar tanpa pengecualian. Menggunakan jasa managed service dapat menghindarkan anda dari kewajiban tersebut.

Kesimpulan:

1 orang karyawan IT dapat melakukan banyak hal, hanya saja bagaimana untuk mengatur kepadatan pekerjaan dalam rangka optimalisasi kinerja karyawan. Jika tidak, perusahaan anda sama saja melakukan pemborosan pengeluaran. Anda dapat menghindari hal ini dengan menggunakan jasa pengelolaan IT pada pihak ketiga. Disamping itu, ketika karyawan kunci mengalami sesuatu, tentu operasional anda juga akan terganggu.

Teknologi yang berkembang akan menyebabkan perusahaan harus membeli perangkat baru setiap tahun dan setelah habis umur pakai. Anda dapat menekan biaya kepemilikan dengan menggunakan jasa IT Managed Services. Disamping itu, anda dapat menurunkan biaya training karyawan IT.

Oleh karena itu, dengan menggunakan jasa outsourcing IT, anda dapat menekan biaya operasional secara signifikan.

Indonesia IT Managed Service Provider

Jasa Managed IT Services dan Jasa Konsultan IT sebagai solusi lengkap satu atap untuk kelancaran operasional dan efisiensi perusahaan anda dengan menggunakan pola kerja DevOps. Layanan ini dapat mendukung proses transformasi digital di perusahaan anda.

Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This