Anda memiliki strategis, dikelilingi oleh kos-kosan kampus dan apartemen dan mau buka bisnis laundry karena potensinya cukup menggiurkan. Itu hebat, namun sebelum membuka bisnis laundry kiloan sebaiknya Anda mengenali apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut.

Bisnis binatu adalah jenis bisnis yang dapat Anda mulai dengan basis modal kecil dan juga investasi besar. Tetapi berapa pun jumlah yang Anda putuskan untuk berinvestasi dalam bisnis laundry, Anda perlu memastikan mendapatkan peralatan yang diperlukan.

Jadi Anda Mau Buka Bisnis Laundry?

Ketika Anda berpikir tentang bisnis yang menguntungkan untuk dijelajahi, bisnis laundry jelas merupakan salah satu yang harus dipikirkan. Namun, kesuksesan akan lebih besar kemungkinannya ketika Anda memiliki peralatan laundry yang tepat untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Meskipun mungkin Anda tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan canggih untuk awalnya, Anda harus memastikan bahwa peralatan Anda efisien dan cukup cepat untuk memberikan layanan berkualitas. Ini hal utama yang harus Anda perhatikan jika mau buka bisnis laundry yang sukses.

Jangan memulai bisnis ini jika Anda belum siap. Jika Anda mau buka bisnis laundry, pastikan semua peralatan yang Anda perlukan sudah tersedia untuk memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan Anda secara efisien.

Meskipun Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan peralatan laundry yang tahan lama, teruji, dan tepercaya, Anda juga perlu menerapkan rencana yang tepat untuk perbaikan dan pemeliharaan peralatan saat dibutuhkan. Ini akan memastikan kelangsungan layanan binatu Anda.

Bisnis laundry adalah bisnis yang pada akhirnya harus membuahkan hasil atas investasi yang dilakukan. Karena itu, Anda perlu membuat pilihan cerdas antara membeli peralatan baru atau memperbaiki yang lama jika usaha laundry Anda sudah berjalan beberapa tahun.

Peralatan yang Diperlukan untuk Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Untuk dapat segera membuka bisnis laundry, rencanakan terlebih dahulu apa saja yang terpenting untuk disediakan. Ini dapat menghemat biaya investasi di awal. 

Berikut beberapa peralatan laundry yang dibutuhkan untuk segera buka bisnis laundry.

1. Mesin cuci

Banyak penekanan akan ditempatkan pada hal ini, karena mesin cuci merupakan peralatan penting yang Anda butuhkan untuk bisnis laundry Anda. Semakin canggih dan efisien mesin cuci Anda, semakin baik kualitas layanan yang dapat Anda berikan.

Ketika Anda memiliki mesin cuci yang baik, pastikan Anda mendapatkan mesin cuci yang dapat menghemat waktu dan energi sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

Tergantung pada kapasitas berapa kilogram per hari di mana Anda ingin memulai bisnis laundry Anda. Dengan dasar tersebut, Anda dapat memutuskan ukuran mesin cuci yang akan dibeli. Saat memilih mesin cuci untuk bisnis Anda, hal yang perlu ditanyakan adalah beberapa seperti:

  • Berapa banyak pelanggan yang ingin Anda layani setiap hari?
  • Seberapa besar beban yang bisa ditampungnya?
  • Berapa panjang siklusnya?
  • Berapa konsumsi energinya?
  • Apa fitur tambahan yang dimilikinya?

Memiliki mesin cuci yang memenuhi kebutuhan spesifik Anda dapat lebih mahal harganya. Karena itu, pastikan Anda memeriksa garansi sebelum membeli, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk perbaikan dalam tahun awal pendirian bisnis laundry Anda.

Baca juga mengenai: Cara Membuka Bisnis Laundry yang Sukses

Pilihlah mesin cuci yang mudah digunakan dan hadir dengan desain yang ramping. Mesin cuci untuk laundry yang Anda butuhkan sebagai pemilik bisnis laundry pemula harus dapat mencuci banyak pakaian secara efisien. Anda juga perlu mencari mesin cuci mudah yang mudah diperbaiki dan setelah masa garansi berakhir suku cadangnya selalu tersedia.

2. Mesin Pengering Pakaian

Sebagian besar mesin cuci canggih juga dilengkapi dengan pengering tetapi seringkali mahal dan tidak efisien. Anda dapat menggunakan 1 mesin pengering pakaian berkapasitas 7kg per 15 menit, dan 2 buah mesin cuci berkapasitas yang sama untuk 30 menit.

Dengan cara tersebut, bisnis laundry Anda dapat melayani 14 kg per jam (sudah termasuk setrika dan packing), dan sehari 140 kg. Artinya, Anda akan mendapatkan penghasilan Rp. 1.1 juta per hari dari bisnis laundry.

Inilah mengapa Anda harus memilih untuk membeli pengering pakaian secara terpisah. Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli mesin pengering pakaian adalah kadar air, kecepatan, ramah energi dan fitur lainnya seperti anti kusut dan sensor otomatis.

3. Mesin Penekan

Selain mencuci dan mengeringkan pakaian, peralatan penting berikutnya adalah mesin penekan, karena akan diperlukan untuk menekan berbagai jenis kain. Cari alat dengan fitur yang mudah dipahami dan memiliki kontrol keselamatan.

4. Pemanas Uap

Anda memerlukan pemanas uap untuk bisnis binatu Anda karena membantu menambahkan sentuhan profesional dan luar biasa untuk pekerjaan binatu Anda. Alat laundry ini dapat membantu Anda menghilangkan kerutan akibat pakaian.

5. Setrika Uap

Anda juga akan membutuhkan setrika uap untuk menghasilkan pakaian yang rapih. Di sini Anda perlu memutuskan jenis setrika uap yang akan dibeli. Anda dapat memilih setrika uap gas atau listrik. Ini tergantung pada penghematan biaya untuk energi yang digunakan.

6. Bahan Kimia Pembersih

Anda memerlukan bahan kimia pembersih berkualitas untuk bisnis binatu Anda karena akan menentukan kualitas jasa laundry Anda. Bahan kimia ini termasuk tetapi tidak terbatas pada deterjen, pati, dan penghilang noda. Dan mungkin terakhir, Anda memerlukan parfum laundry berkualitas dengan dengan wangi yang lembut dan menentramkan.

Catatan akhir

Apa yang dijelaskan di atas adalah beberapa peralatan penting yang Anda perlukan jika Anda mau buka bisnis laundry dengan segera. Seiring perkembangan bisnis, Anda perlu mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk pemeliharaan dan pembelian lebih banyak peralatan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Jadi, Anda harus bijaksana dengan keputusan yang Anda buat. Pastikan Anda memiliki peralatan yang efisien dan awet untuk bisnis laundry Anda.

Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This