Meskipun ada banyak ide bisnis yang patut dipertimbangkan, bisnis laundry adalah salah satu yang paling menjanjikan. Ada permintaan tinggi untuk layanan laundry, meskipun ini akan tergantung pada lokasi.

Jika Anda berencana membuka bisnis laundry, baca terus tips cara membangun bisnis laundry yang sukses ini dan kami akan berbagi dengan Anda beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang keberhasilan.

Beberapa Faktor Untuk Membangun Bisnis Laundry yang Sukses

Tentu dalam setiap bisnis ada faktor yang membuat sukses dan membuat gagal. Ikuti beberapa faktor sukses untuk bisnis laundry ini secara disiplin.

Temukan Pemasok yang Tepat

Bahan dan Peralatan akan berperan penting dalam keberhasilan di bisnis laundry. Dengan ini, Anda perlu menyaring pemasok dengan hati-hati dan memastikan bahwa mereka dapat menyediakan mesin berkualitas tinggi dan layanan purna jual yang luar biasa. Untuk bahan, pastikan Anda mencoba beberapa sabun, pelicin, pewangi dan pelembut yang tidak merusak pakaian.

Merangkul Teknologi

Untuk membedakan bisnis binatu Anda dari yang lain, yang terbaik adalah memanfaatkan teknologi. Teknologi dapat digunakan untuk membuat proses cuci pakaian yang ramah lingkungan dengan menggunakan lebih sedikit air dan listrik. Ini memungkinkan bisnis tidak hanya menghemat uang tetapi juga melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan.

Penetapan Biaya Laundry yang Ideal

Harga layanan Anda akan mengirim pesan ke pelanggan Anda. Jika terlalu rendah, mereka mungkin meragukan kualitas. Jika terlalu tinggi, di sisi lain, mereka mungkin malah akan pergi ke pesaing Anda. Di sinilah riset pasar menjadi perlu. Anda akan belajar dari strategi penetapan harga pesaing Anda.

Berinvestasi Pemasaran

Strategi pemasaran bisnis laundry akan menjadi elemen penting dari keberhasilan. Memanfaatkan bentuk pemasaran yang efektif, seperti menggunakan platform digital. Pemasaran media sosial akan membantu menarik pelanggan potensial. Ini juga merupakan saluran hemat biaya.

Sebelumnya, milikilah sebuah website untuk bisnis laundry Anda sebagai dasar dalam strategi pemasaran digital yang sukses. Kemudian, buatlah konten yang dapat menarik minat pelanggan, gunakan iklan radius untuk menjangkau orang-orang di sekitar lokasi bisnis laundry Anda. Arahkan pelanggan untuk ke website Anda atau langsung order penjemputan via WhatsApp.

Pilih Lokasi yang Tepat

Salah satu faktor paling penting yang akan berperan dalam kesuksesan bisnis adalah lokasi usaha laundry Anda. Saat memilih lokasi untuk bisnis laundry, pastikan ada pasar yang tinggi, misal dikelilingi kos-kosan atau apartemen. Buatlah sedikit kalkulasi, berapa banyak orang yang butuh laundry, berapa kapasitas cucian, dan dibagi dengan Anda dan para pesaing yang sudah ada, apakah cukup layak?.

Lokasi Anda juga harus nyaman dan mudah diakses. Luas area usaha harus cukup untuk peralatan yang akan digunakan.

Jadilah unik

Memiliki faktor pembeda dari pesaing akan sangat berperan dalam kesuksesan bisnis laundry. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan memberikan tema unik pada toko Anda, memberikan pelanggan pengalaman yang tak terlupakan selama kunjungan toko mereka.

Dengan memberikan tema pada toko, Anda juga memberikan kepribadian yang unik, yang dapat dikaitkan oleh pelanggan dengan bisnis Anda. Ketika itu menyenangkan, mereka kemungkinan akan mengunjungi lagi di masa depan.

Teliti tentang siapa pelanggan Anda, dan dari sini, Anda dapat dengan mudah memikirkan tema yang akan menarik bagi mereka.

Fokuslah pada nama usaha laundry Anda, buatlah se-unik mungkin yang dapat mewakili segmen pasar luas di sekitar Anda.

Tips Operasional Bisnis Binatu

Bagi pengamat luar, menjalankan bisnis binatu mungkin tampak cukup sederhana: mengambil pakaian kotor, menghasilkan pakaian bersih. Ini konsep yang cukup sederhana, tetapi kenyataannya adalah bahwa bisnis laundry harus melakukan lebih dari sekedar mencuci pakaian agar benar-benar sukses.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menemukan kesuksesan di bisnis ini.

Cari Cara Inovatif untuk Meningkatkan Penawaran Layanan

Memperluas basis pelanggan Anda bisa jadi sulit dalam bisnis yang sangat bergantung pada lokasi. Bahkan jika Anda memiliki layanan penjemputan dan pengiriman yang sangat efisien, pelanggan Anda kemungkinan masih berada dalam radius geografis tertentu dari fasilitas Anda — membuat Anda memiliki sejumlah pelanggan potensial yang terbatas.

Jelas jawaban pertama untuk masalah itu adalah membuka lebih banyak lokasi, tetapi itu tidak selalu mungkin atau bijaksana. Namun, memperluas penawaran layanan dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk meningkatkan pendapatan dari pelanggan saat ini dan menarik bisnis baru. Layanan tambahan dapat meliputi:

  • Pengambilan dan pengiriman (jika itu belum menjadi bagian dari bisnis Anda)
  • Pembersihan khusus
  • Layanan cepat

Temukan sesuatu yang dapat Anda tambahkan tanpa menambah staf atau anggaran. Jika layanan laundry dapat berkualitas tinggi, Anda dapat memikat basis pelanggan Anda menjadi pelanggan loyal dan menciptakan peluang untuk datangnya pelanggan baru.

Bersiaplah

Tidak ada yang dapat merusak aliran pendapatan yang solid di dunia cucian komersial seperti periode downtime yang lama karena masalah peralatan atau pasokan.

Dalam industri binatu, selalu lebih baik bersiap-siap, jadi pastikan bahwa peralatan Anda selalu terawat dengan rutin dan ruang persediaan Anda tidak pernah hampir kosong. Pantau kapan garansi mesin habis dan cari sumber daya perbaikan lokal yang bisa membantu Anda keluar dalam keadaan darurat. Singkatnya: Lakukan apa saja untuk menghindari down-time.

Jangan Biarkan Biaya Utilitas Menghambat

Biaya air mewakili lebih dari 50% dari total biaya operasi dalam bisnis laundry. Dengan biaya energi di atas itu, utilitas bisa menjadi biaya besar — ​​bahkan penghalang — bagi para pencuci.

Membatasi penggunaan air dan energi sedikit saja bisa menjadi pengubah permainan bagi bisnis binatu. Membatasi penggunaan air hingga 80% dan penggunaan energi hingga 50% dapat menghemat puluhan juta rupiah setiap tahun.

Singkatnya, sementara bisnis binatu menjanjikan, sifat kompetitif pasar dapat membuat kesuksesan sulit dipahami. Perhatikan hal-hal yang disebutkan di atas jika Anda ingin bisnis Anda berhasil.

Gunakan selalu produk laundry berkualitas untuk dapat terus memikat dan mempertahankan pelanggan Anda, carilah supplier yang dapat memberikan garansi terhadap produk tersebut, ini merupakan faktor penting yang mendasar.

Dari menggunakan teknologi hingga menjadi berbeda dengan kekuatan branding. Ada banyak cara untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Pin It on Pinterest