Pemasaran digital semakin menempati prioritas tertinggi di banyak bisnis. Baik untuk aktivasi brand, membangun komunitas untuk kesadaran merk, hingga konversi. Pemasaran digital bukanlah instan seperti membalikkan telapak tangan. Mungkin masih banyak yang menyalah artikan bahwa pemasaran digital hanya memerlukan untuk ‘membombardir’ sosial media dengan postingan dan iklan berbayar.

Apa itu Pemasaran Digital?

Pemasaran didefinisikan sebagai proses berkomunikasi dengan audiens untuk memberi tahu mereka tentang berbagai produk atau layanan yang akan bermanfaat bagi mereka. Istilah pemasaran lainnya mungkin promosi. Pemasaran menggabungkan penggunaan berbagai strategi untuk meningkatkan pengetahuan konsumen tentang produk atau layanan.

Tujuan pemasaran adalah untuk menyajikan informasi tentang produk kepada konsumen sedemikian rupa sehingga konsumen menyadari bahwa hal itu memenuhi beberapa kebutuhan dalam kehidupan mereka dan mereka melakukan pembelian. Pemasaran digital hanya menggunakan strategi digital untuk mengkomunikasikan informasi spesifik bisnis kepada audiens agar mendapat tanggapan dan interaksi.

Pemasaran digital memerlukan pemahaman mengenai proses bagaimana cara konsumen mengambil keputusan agar dapat secara efektif menerapkan sebuah strategi. Perlu dipahami bahwa pemasaran digital tidak hanya sekedar “Ad placement” saja atau hanya sekedar pembuatan konten kreatif saja, akan tetapi memerlukan beberapa cara untuk di kombinasikan.

Bagaimana Agar Pemasaran Digital Dapat Bekerja Dengan Baik ?

Pada dasarnya, pemasaran digital bekerja dengan menggunakan sejumlah strategi yang berbeda. Masing-masing dapat melayani tujuan yang sama sekali berbeda meskipun mereka memiliki tujuan yang sama.

Strategi pemasaran digital bekerja sama untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan ke bisnis (baik online atau offline) dan kemudian mengubah pengunjung menjadi pelanggan setia yang kembali (konversi). Kampanye digital yang ter-struktur harus menggunakan kombinasi dari beberapa strategi yang berbeda.

Search Engine Optimization (SEO)

Beberapa orang akan mengatakan bahwa SEO benar-benar merupakan resep sukses di balik pemasaran digital. Ini adalah cara efektif untuk meningkatkan ROI dengan membantu meningkatkan peringkat popularitas situs di pencarian google (SERP). SEO akan menghasilkan “direct traffic” yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke sebuah website.

Pakar SEO harus tetap mengikuti algoritma dan pembaruan yang selalu berubah yang dilakukan oleh mesin pencari untuk mengubah kampanye mereka agar lebih optimal. Praktik terbaik SEO membantu peringkat situs web secara organik di SERP, mengarahkan lalu lintas yang relevan dan berharga ke situs, mendorong konversi dan membantu situs web mempertahankan peringkat halamannya.

Strategi Sosial Media

Media sosial semakin menjadi penting, dan ini adalah salah satu strategi digital marketing terbaru yang harus dipahami oleh setiap bisnis. Ini berkembang pesat menjadi salah satu strategi paling populer karena perubahan baru-baru ini memungkinkan untuk melacak ROI dan keterlibatan.

Ada ribuan platform media sosial yang tersedia dan bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai jenis berdasarkan sifat bisnis mereka. Situs sosial terpopuler atau terkenal termasuk Facebook, LinkedIn, Twitter, Google+, Pinterest dan YouTube.

Cara media sosial berkontribusi pada kampanye pemasaran digital adalah menawarkan platform terbuka. Hal ini memungkinkan pemirsa untuk terlibat dengan perusahaan atau merek. Perusahaan dapat memantau pengikut secara teratur setiap hari, sementara juga memberikan informasi terbaru dari bisnis mereka untuk para pemirsa di sosial media.

Ada banyak tujuan dalam berkampanye di sosial media, seperti untuk:

  • Membangun dan meningkatkan kesadaran merk
  • Membangun komunitas untuk loyalitas
  • Meningkatkan kunjungan ke website

Dalam hal konversi, Search Engine Optimization lebih memiliki ratio yang lebih tinggi, sosial media lebih efektif untuk menintkatkan kesadaran merk dan loyalitas pelanggan.

Siaran Pers Online

Siaran pers online sangat mirip dengan yang tradisional, namun pemirsa online telah berkembang jauh lebih besar. Siaran pers serta artikel terkait industri adalah publikasi online yang ditulis dan dioptimalkan dan kemudian didistribusikan ke berbagai situs web yang paling sesuai untuk merek; atau situs yang paling cocok untuk target pemirsa.

Sama seperti laporan pers tradisional, mereka adalah karya seorang jurnalis atau editor yang menulis konten untuk membantu pemaparan keuntungan bisnis untuk merek mereka.

Periklanan Digital

Secara harfiah tidak pernah mudah untuk mempromosikan produk, layanan atau merek secara online. Ada banyak kemungkinan ketika harus memasukkan iklan digital ke dalam kampanye. Google AdWords menggunakan riset dan data kata kunci untuk membuat iklan yang bisa berupa textual, spanduk atau berbasis gambar. Iklan di Facebook bisa begitu spesifik sehingga kelompok usia tertentu, jenis kelamin dan bahkan mereka yang memiliki minat khusus akan melihat iklan yang sesuai. Hal ini memungkinkan pebisnis mencapai khalayak yang tepat yang mereka targetkan.

Analisa Data

Semua alat yang berbeda yang digunakan untuk membuat kampanye pemasaran digital adalah usaha sia-sia jika tidak ada cara untuk melacak upaya untuk mengetahui apa dan apa yang tidak bekerja. Saat ini ada beberapa program analisis yang berbeda yang dapat menawarkan rincian ekstensif tentang bagaimana sebuah situs web tampil. Ini memungkinkan para webmaster, pakar bisnis atau spesialis SEO berfokus pada salah satu metrik. Ini adalah bagian penting dari kampanye pemasaran digital dan tanpa itu sebenarnya tidak ada cara yang solid untuk mengukur keberhasilan kampanye.

Saya sendiri sebagai praktisi yang menjual batu permata sering mengalami permasalahan dalam pemasaran digital. Terutama, dana untuk promosi. Namun, dana untuk promosi ini ternyata bisa di atasi dengan strategi pemasaran digital seperti dengan memproduksi konten berkualitas mengenai cincin dan batu permata di blog ini, secara terus menerus. Ini menunjukan adanya pengaruh referensi dari website lain yang memuat informasi lebih.

Mengkombinasikan Bersama

Ini hanyalah beberapa alat yang tersedia untuk membangun kampanye pemasaran digital yang sukses. Setiap bisnis dan situs web berbeda dan setiap kampanye juga harus dirancang secara unik untuk menjangkau khalayak target tertentu dengan pesan bisnis. Pemasaran digital dapat benar-benar bekerja dan bermanfaat bagi bisnis yang berkembang dewasa ini. 

Pertama kali, sebuah website – sebagai dasar dari pemasaran digital – perlu di optimasi (SEO). Optimasi website juga harus konsisten dalam menerbitkan konten baru yang berkualitas.

Selanjutnya, konten tersebut dapat di sebar ke seluruh akun sosial media perusahaan anda. Dorong kiriman di sosial media dengan iklan yang ditargetkan, lakukan interaksi dengan cepat pada para pemirsa dan selalu analisa data yang dihasilkan dari tiap aktivitas.

Pengukuran kinerja pemasaran digital dapat dilakukan dengan menganalisa laporan dari google analytics yang tertanam di website anda.

Dengan cara ini, anda dapat menyesuaikan strategi dan taktik pemasaran digital anda untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Tidak ada yang instan memang, dan tidak ada yang murah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Setiap bisnis harus memiliki strategi pemasaran online di era digital yang semakin berkembang. Potensi pemasaran online saat ini dapat menghasilkan ratusan milyar bahkan triliunan rupiah

Di penghujung tahun 2017, kami melihat semakin banyak perusahaan besar di Indonesia yang mulai mengalihkan anggaran outbound marketing mereka ke pemasaran digital. Tahun 2018, era pemasaran digital segera dimulai, siapa yang tidak melakukan transformasi pemasaran mereka berpotensi tertinggal dari yang lain.

Menjadi ragu dalam biaya pemasaran digital merupakan resep sukses untuk dikalahkan dengan mudah oleh para pesaing. Menjadi boros dalam pemasaran digital dapat berakibat buruk bagi bisnis perusahaan anda. Oleh karena itu, peran konsultan digital marketing sangat di butuhkan untuk mendampingi aktivitas digital marketing di perusahaan anda.

Pin It on Pinterest

Share This