Batu Garnet bukan mineral tunggal, namun menggambarkan sekelompok beberapa mineral yang terkait erat. Garnet datang dalam berbagai warna dan memiliki banyak varietas berbeda. Namun, warna batu permata Garnet yang paling banyak dikenal berwarna merah gelap dan menyala terang.

Membeli batu permata garnet atau perhiasan adalah investasi, dan sangat penting untuk memiliki pengetahuan yang tepat untuk membedakan dan melihat mana garnet asli dan mana yang palsu.

Karakteristik Batu Garnet

Properti di bawah ini berlaku untuk semua Batu Garnet
  • Formulasi Kimia: Garnet adalah rangkaian beberapa mineral berbeda dengan formula kimia unik.
  • Warna Batu Garnet: Merah, Hijau, Kuning, Oranye, Coklat, Pink, Ungu, Abu-abu, Hitam.
  • Kekerasan: 6.5 – 8.5 Moch Scale
  • Fraktal Kristal: Isometrik
  • Indeks Bias: 1.780 – 1.889
  • SG: 3.5 – 4.3
  • Transparansi: Transparan tembus pandang
  • Double Refraction: Tidak ada
  • Cahaya: Vitreous atau Tajam
  • Pembelahan: Tidak ada.

Hal yang sangat penting yang harus Anda ketahui sebelum memilih batu permata garnet adalah memahami keasliannya, setelah itu kualitasnya. Garnet alami yang otentik tidak berarti 100% sempurna. Garnet asli memiliki inklusi dan kotoran yang dapat dilihat dengan mudah melalui sorotan vertikal. Tentunya untuk dapat melihat itu, perlu menggunakan kaca pembesar batu mulia.

Ciri Keaslian Garnet

Garnet sintetis dibuat di laboratorium dimana kualitas fisik dan kimia mereka diperiksa. Umumnya batu permata ini sangat mudah dideteksi karena jarang sekali sempurna dengan hanya beberapa inklusi dan warna yang nyata. Untuk memahami hal ini, jika anda melihat ‘batu permata garnet’ tersebut tidak memiliki kekurangan, maka itu merupakan garnet palsu.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui keasilan batu garnet
  1. Meskipun garnet secara alami tersedia dalam beberapa warna yang berbeda, identifikasi batu garnet merah palsu atau tidak sebetulnya tidak terlalu sulit. Jangan bingung dengan Ruby sebagai Garnet. Garnet adalah batu merah yang indah yang hampir menyerupai ruby. Tapi warna merah garnet lebih gelap dan lebih padat. Ruby jauh lebih muda dan memiliki perbedaan refleksi yang nyata.
  2. Lihatlah lebih dalam potongan batu itu. Pemotongan yang paling umum dilakukan di batu permata garnet adalah potongan kotak, bundar / oval, dan tetes air. Garnet terlalu padat sehingga tidak terlihat bagus dengan potongan yang cemerlang. Sedangkan pada batu sintesis, anda dapat melihat pecahan pada garis potongan (menggunakan kaca pembesar batu mulia).
  3. Batu garnet alami hampir selalu memiliki beberapa inklusi, sedangkan garnet sintetis atau tiruan tidak memilikinya.
  4. Cahaya permata garnet menyala tajam dari dalam, dan bergerak atau bekerlip secara dinamis mengikuti sumber cahaya. Disini anda dapat menemui keindahan batu permata sekaligus membedakan dengan permata sintetis.
  5. Banyak permata sintetis dan imitasi bersifat pasif. Anda dapat melihat dengan mengamati kejernihannya. Kejernihan yang lebih tinggi dari garnet alami, semakin berharga. Sangat jarang menemukan garnet alami dengan kejelasan sempurna. Anda dapat dengan mudah menemukan kotoran alami, inklusi padat, dan bahkan sinar pantulan heksagonal melalui cahaya vertikal di batu garnet asli.

Galeri Batu Garnet Asli Warna Merah, Oranye, Star Garnet dan Hydro Grossular

Faktor Penentuan Kualitas Batu Garnet

Batu permata garnet banyak tersedia dipasaran, terutama untuk garnet merah (Pyrope. Almandite dan Rhodolite). Namun keindahan permata merupakan tujuan penggunaan permata garnet. Permata garnet yang indah dapat membentuk sebuah perhiasan exclusive yang sedap dipandang mata.

Berikut Faktor Penentuan Kualitas Batu Permata Garnet
  • Warna

    Pyrope dan almandine berkisar dari warna ungu ke merah orangy. Spessartine ditemukan dalam berbagai warna oranye, sedangkan andradite hadir dalam warna kuning dan hijau kekuningan. Grossular mungkin memiliki rentang warna terluas dari spesies garnet manapun, dari yang tidak berwarna sampai kuning ke oranye kemerahan hingga hijau yang kuat.

    Ahli gemologi dan pedagang batu permata selanjutnya membagi beberapa spesies garnet menjadi varietas tergantung warna. Sebagai contoh, demantoid adalah varietas andradite hijau cemerlang yang sangat dihargai oleh para kolektor. Baik tsavorite garnet maupun hessonite adalah varietas grossular. Tsavorit garnet berwarna hijau, sedangkan hessonite berkisar dari oranye dan merah oranye kecoklatan. Rhodolit adalah varietas merah keunguan.

  • Kejernihan

    Kejernihan garnet tergantung tipe garnet. Sebagai contoh, garnet merah almandine, pyrope, dan rhodolite biasanya tidak memiliki inklusi yang terlihat mata. Beberapa garnet oranye, seperti spessartine dan hessonite, sering memiliki inklusi yang terlihat mata.

    Grossular biasanya tembus, populer dalam cabochons, manik-manik, dan ukiran.

  • Potongan

    Banyak garnet dipotong menjadi bentuk standar dan ukuran standar agar mudah diatur menjadi perhiasan. Hal ini terutama berlaku untuk banyak garnet merah. Garnet mahal seperti tsavorite berkualitas baik dipotong menjadi bentuk dan gaya potong yang memungkinkan lebih banyak berat yang harus dipertahankan dari yang kasar.

    Demantoid sering dipotong sesuai proporsi yang memungkinkan tampilan nyala cahaya yang terbaik. Garnet juga populer untuk potongan dan ukiran desainer. Garnet merah adalah bahan klasik untuk memotong cabochon dan manik-manik. Mereka umumnya ditemukan memiliki kejelasan yang tinggi dan sangat transparan.

  • Berat Carat

    Garnet dapat ditemukan dalam semua ukuran dan bobot. Beberapa garnet, seperti demantoid dan tsavorite, lebih banyak ditemukan dalam ukuran kecil, sehingga nilainya meningkat secara signifikan berdasar ukuran. Garnet lainnya, seperti almandine, jauh lebih umum dalam ukuran lebih besar sehingga tidak ada kenaikan nilai yang dramatis seiring bertambahnya ukuran.

Hydrogrossular garnet merupakan jenis garnet yang paling langka ketersediaannya. Harga batu permata garnet dapat berkisar dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Khusus untuk Hydrogrossular Garnet akan kami bahas pada kesempatan berikutnya. Sedangkan untuk batu garnet star, mungkin anda akan lebih banyak menemui 4 star garnet daripada 6 star garnet di Indonesia.

Demikian informasi mengenai batu garnet, semoga dapat bermanfaat bagi anda penggemar batu mulia dan perhiasan exclusive.

Pin It on Pinterest

Share This