Secara etika profesional, Kantor Akuntan Publik tidak mendapatkan izin untuk melakukan promosi. Namun, ada beberapa cara dalam memasarkan jasa kantor akuntan publik (KAP) dalam ranah digital. Artikel ini menjabarkan cara pemasaran digital untuk Kantor Akuntan Publik sesuai dengan kode etik profesional.

Cara Memasarkan Jasa Kantor Akuntan Publik di Era Digital

Kantor Akuntan Publik tidak sama seperti Kantor Jasa Akuntan yang lebih bebas dalam melakukan promosi untuk memasarkan jasa mereka. Akuntan Publik lebih terikat pada peraturan profesi yang cukup ketat. Kesalahan seperti melakukan promosi dapat menyebabkan teguran pada Kantor Akuntan Publik tersebut.

Memang secara Aturan Etika 500, Seksi 502, Akuntan Publik boleh melakukan promosi sepanjang tidak merendahkan profesi. Sebetulnya ini cukup absurd, akan tetapi prinsip kehati-hatian haruslah ada bagi setiap Akuntan Publik. Sementara itu, secara jelas iklan yang boleh dilakukan KAP adalah seperti iklan lowongan pekerjaan.

Lantas, ini bukan berarti sebuah KAP tidak dapat melakukan pemasaran. Terutama di era transformasi digital sekarang ini, ada beberapa cara yang dapat KAP lakukan untuk memasarkan jasa audit dan lainnya pada pemirsa online.

Cara Pemasaran Digital Untuk Kantor Akuntan Publik Sesuai Kode Etik Profesional

Cara pemasaran untuk kantor akuntan publik memang agak ‘tricky’, karena ada kode etik yang harus dipenuhi. Meskipun begitu, team digital marketing kami telah merumuskan cara pemasaran bagi para akuntan pbulik.

Ikuti langkah ini secara berurutan.

Membuat Website Dengan Tampilan Profesional

Dulu anggapan membuat website hanya sebagai formalitas. Akan tetapi di era transformasi digital sekarang ini, dimana 170 juta pengguna internet di Indonesia kerap melakukan pencarian di Google, maka website merupakan hal terpenting dalam bisnis.

Perlu kita pahami, website yang akan Anda buat harus dapat cepat dibuka, tampilan modern dan profesional. Hosting dan mail server yang akan anda gunakan juga harus mendukung, jadi jangan asal murahnya saja. Jangan sampai saat mengirim email ke Client menggunakan email domain Anda sendiri, lantas Client tidak merasa menerima lantaran masuk ke SPAM Folder atau dianggap sebagap Junk Mail atau ‘email sampah’.

Email juga berfungsi sebagai “promosi terselubung”, pada saat Anda melakukan konfirmasi hutang dan piutang vie e-mail yang menggunakan nama domain website Anda, ini artinya Anda telah memberitahukan keberadaan Kantor Akuntan Publik Anda dan website Anda akan berpotensi di kunjungi dan di bagikan ke media sosial oleh para pengunjung website. Oleh karena itu, pakailah email server yang berkualitas.

Untuk awal, KAP dapat membuat website landing page yang biayanya sekitar Rp. 850.000,- per tahun, atau sekitar Rp. 70.000 per bulan biayanya. Kami dapat mereferensikan untuk menggunakan jasa landing page dari KiosMaya.Com karena mereka telah memenuhi berbagai syarat teknis, profesional, dan standar keamanan siber.

Masalahnya pada landing page hanya satu halaman saja, jadi tidak bisa terlalu detail. Jika ingin detail Anda dapat kembangkan sendiri dengan menambah menu yang tertaut ke halaman baru untuk penjelasan detail setiap section di halaman landing page (halaman depan). Misal, untuk “Layanan Kami” agar dapat lebih detail penjelasannya.

Anda dapat menambahkan halaman sendiri, teknologi sekarang seperti DIVI Builder telah memudahkan kita untuk membuat halaman website yang bagus dan mobile friendly. Atau, Anda dapat menggunakan jasa seperti di KiosMaya untuk membuat halaman baru dengan biaya mulai dari Rp. 500.000 per halaman (one time fee).

Jadi, sebagai langkah permulaan para Akuntan Publik harus membuat website terlebih dahulu. Baru kemudian dapat lakukan serangkaian upaya lainnya seperti dibawah ini.

Mengisi Website Dengan Artikel Edukasi

Artikel edukasi pada website Kantor Akuntan Publik sama seperti nge-blog. Anda dapat membuat artikel seputar akuntan, audit, perpajakan, informasi peraturan baru, dan sebagainya.

Pembuatan konten ini sama halnya dengan content-marketing atau search-engine-marketing. Konten-konten tersebut harus memenuhi kaidah optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engina Optimization.

Tujuannya adalah agar para pengunjung website dapat terus kembali mengunjungi website Anda, dan menambah pengunjung website dari pencarian Google secara wajar atau organik.

Perlu Anda Ingat: Konten harus merupakan konten orisinil dari pemikiran Anda, bukan copy paste dari situs berita atau dari situs lainnya. Usahakan per konten memiliki 1000 kata agar peluang muncul di hasil pencarian Google lebih besar.

Semakin banyak konten yang Anda buat, maka semakin dapat meyaknkan para calon Client untuk menggunakan jasa KAP Anda.

Sediakan tombol Call-to-Action di setiap konten, seperti tombol “Konslutasi Gratis” atau bisa juga dengan memberikan formulir kontak yang akan terkirim ke email Anda. Ini semua adalah prospek (leads) yang bisa Anda dapatkan secara online untuk meningkatkan pertumbuhan Kantor Akuntan Publik  Anda.

Membuka Lowongan Pekerjaan

Jika dibandingkan dengan profesi advokat dan dokter, profesi akuntan publik masih memiliki celah untuk beriklan, yakni dengan iklan lowongan pekerjaan.

Iklan lowongan pekerjaan tidak melanggar kode etik profesional Akuntan Publik. Dengan demikian Anda dapat beriklan untuk memberikan lowongan pekerjaan. Ada beberapa cara yang bagus untuk membuat iklan lowongan pekerjaan secara online:

  1. Buatlah halaman lowongan di website KAP Anda.
  2. Iklankan di Google Search dan Google Display, berikan tautan ke  halaman lowongan pekerjaan di website Anda.
  3. Buat konten lowongan pekerjaan di media sosial baik dengan grafis maupun video. Anda dapat lihat contoh lowongan pekerjaan dalam bentuk video.
  4. Iklankan konten lowongan pekerjaan tersebut untuk memperluas jangkauan pemirsa, dan targetkan dengan tepat agar para calon Client Anda dapat mengetahui keberadaan Kantor Akuntan Publik Anda.

Selain untuk mendapatkan talenta baru, dengan cara ini Anda dapat menjangkau pemirsa yang lebih luas. Katakanlah dengan biaya Rp. 1 juta saja, Anda dapat menghasilkan 1000 pengunjung website secara tertarget. Dari 1000 pengunjung tersebut katakanlah ada 100 pengunjung yang tertarik dengan layanan Anda, dan akhirnya ada 10 orang yang menjadi Client Anda.

Iklan “we are hiring” juga memberikan persepsi positif terhadap Kantor Akuntan Publik Anda, artinya kantor Anda sedang berkembang dan banyak yang mempercayai atau menggunakan jasa Anda.

Ingatlah, jangan terlalu beriklan, cukup andalkan Search Engine Optimization agar website Anda dapat sering terlihat pada pencarian kata kunci “jasa audit”, “kantor akuntan publik”, dan kata kunci strategis lainnya.

Hadir Di Media Sosial

Kantor Akuntan Publik dapat hadir di media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn terutama, Twitter, dan bahkan Youtube. Konten yang dapat Anda produksi akan sekitar sosialisasi perarturan, edukasi akuntansi, audit, dan perpajakan, tips dan trik teknik audit berbantuan komputer dan tips lainnya, dan lowongan perkerjaan.

Berikut contoh konten media sosial untuk sebuah Kantor Akuntan Publik:

contoh konten media sosial untuk kantor akuntan publik

Perlu Anda ketahui, ukuran konten untuk Instagram akan berbeda dengan ukuran di Twitter, Facebook dan LinkedIn. Instagram memiliki ukuran 500 x 500 pixels atau 1000 x 1000 pixels untuk resolusi lebih tinggi. Sedangkan Twitter, Facebook dan LinkedIn memiliki bentuk segi empat atau landscape.

Posting konten setiap hari minimal 1 konten, buatlah copy writing yang baik (tidak disingkat-singkat), dan gunakan hashtag yang relevan untuk menambah jangkauan pemirsa.

Terakhir, Daftarkan Kantor Akuntan Publik Anda di Google Local Business

Pernahkah Anda mencari di Google lantas keluar hasil dalam bentuk maps google dan ada beberapa informasi bisnis di bawahnya? Jika ya, itulah yang kami maksudkan.

Setelah Anda mendaftarkan Kantor Akuntan Publik Anda di Google My Business, maka pada saat orang mencari “Kantor Akuntan Terdekat” listing Anda akan muncul.

Tidak hanya itu, website Kantor Akuntan Publik Anda juga berpotensi muncul di hasil pencarian halaman pertama Google ketika Anda sudah terdaftar di Google Local Business.

Oleh karena itu, hal ini tidak dapat dianggap sepele, segera daftarkan KAP Anda pada Google Local Business untuk meningkatkan keterlihatan kantor akuntan Anda di hasil pencarian Google.

Kesimpulan

Setelah pandemi dan di era digital sekarang ini, semakin banyak pencari jasa yang melakukan googling. Mereka mencari “jasa audit” atau “kantor akuntan publik” dan sebagainya. Perilaku online ini dapat Anda manfaatkan sebagai sarana pemasaran Kantor Akuntan Publik Anda.

Setiap bulannya ada ribuan orang mencari jasa akuntan publik. Dengan memiliki website, Anda dapat menempatkan KAP Anda pada halaman pertama hasil pencarian di Google.

Buatlah konten yang bermanfaat untuk publik, bersifat edukasi dan sosialisasi. Iklankan lowongan pekerjaan Anda untuk menambah jangkauan calon client sebanyak mungkin.

Cara pemasaran digital untuk Kantor Akuntan Publik harus sesuai dengan kode etik prodesional, ikuti langkah di atas agar Anda tetap taat pada kode etik profesi tersebut.

Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This