Banyak yang mengalami penurunan pendapatan pada masa pandemi COVID-19 sekarang ini. Sebetulnya ada berbagai cara untuk atasi dampak pandemi pada bisnis yang salah satunya adalah dengan digital marketing. Artikel ini akan membahas beberapa alasan kenapa bisnis Anda harus hadir secara online dan bagaimana cara mengatasi persaingan yang ada.

Siapkan secangkir teh atau kopi dan cemilan sembari membaca artikel bisnis ini.

Kenapa Atasi Dampak Pandemi Pada Bisnis Harus Dengan Digital Marketing?

Ruang gerak semakin terbatas, banyak aktivitas luar rumah yang menjadi dirumah saja sekarang ini. Kegiatan offline berubah menjadi kegiatan online seacara signifikan. Mau keluar rumah ada larangan dan rentan tertular virus mematikan. Pada saat yang sama, kita harus dapat bertahan hidup.

Untuk petani, peternak dan sektor produksi, mungkin mereka lebih leluasa untuk bekerja di luar rumah karena jarak sangat luas dan jarang bertemu langsung dengan orang lain. Akan tetapi bagi para pebisnis di gedung tertutup seperti Mall dan Perkantoran, tentu sangat rentan untuk tertular virus Corona.

Oleh karena itu, saluran online menjadi salah satu solusi yang paling masuk akal dalam mengatasi dampak pandemi pada bisnis. Banyak bisnis yang mengalami penurunan pendapatan secara signifikan, bahkan bisnis pakaian dan kuliner yang tergolong merupakan bisnis lancar menjadi sangat buruk penjualannya saat pandemi ini.

Sebelum pandemi, masyarakat di Indonesia sudah lebih menggunakan internet, akan tetapi sebatas untuk sosial media dan hiburan. Setelah pandemi, banyak yang sekolah online, kerja dari rumah, dan akhirnya belanja dari rumah. Perubahan ini yang harus dapat Anda pahami sebagai pebisnis.

Kita dapat melihat Happy Fresh yang dulu jika kita pesan melalui mereka dapat antar pada hari yang sama. Sekarang, order belanja kebutuhan pokok di Happy Fresh pengantarannya antri 3 hari. Ini menandakan bahwa semakin banyak masyarakat yang berbelanja secara online.

Dengan memahami perubahan perilaku konsumen, maka Anda akan mencari solusi untuk beradaptasi. Setelah beradaptasi, maka Anda mulai dapat mengatasi dampak pandemi pada bisnis Anda secara perlahan.

Onlinekan Bisnis Anda Sekarang Juga

Secara perlahan, semua bisnis akan menyadari bahwa mereka harus hadir secara online. Bisnis Anda harus hadir di saluran online untuk atasi dampak pandemi pada bisnis Anda, sekarang juga. Tidaklah bijaksana untuk menunda solusi online untuk mengatasi dampak pandemi pada Bisnis Anda, jangan tunggu hingga bisnis Anda sekarat!

Untuk dapat membuat bisnis Anda hadir secara online adalah dengan menggnakan website. Jangan terjebak pada “social media minded” yang hasilnya mungkin akan membuat Anda kecewa.

Jika Anda hanya memiliki produk tidak lebih dari 10 jenis dan ingin murah untuk awal, Anda dapat mengunakan website satu halaman. Website landing page ini biaya pembuatannya hanya Rp. 850.000 per tahun pada sebuah jasa pembuatan website landing page yang profesional, mobile friendly dan rapih alias tidak acak-acakan seperti ceker ayam. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih vendor pembuatan website, harus menggunakan hosting yang stabil dan aman, sehingga website Anda dapat diakses secara cepat dan berikan pengalaman yang baik ke pelanggan dan calon pelanggan.

 Anda harus memahami bahwa dengan menggunakan website, bisnis Anda dapat:

  1. Ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari produk atau jasa
  2. Biaya berubah menjadi invsetasi. Iklan digital Anda akan menjadi investasi ketika bisnis Anda memiliki website dengan nama domain sesuai nama bisnis Anda. Ini namanya investasi branding.
  3. Bisnis semakin dapat meyakinkan calon pembeli
  4. Memuat informasi yang lengkap
  5. Mengurangi persaingan, tidak seperti di marketplace yang jika orang melihat produk Anda juga dapat melihat produk penjual lainnya.
  6. Mendapatkan analisa kinerja upaya pemasaran digital yang akan menjadi pertimbangan strategi selanjutnya.

Pada website landing page, gunakan strategi inbound yang mengarahkan pengunjung website menjadi pelanggan. Berikan tombol “hubungi via WhatsApp” atau “Beli via WhatsApp”. Dan jangan lupa untuk memberikan alamat bisnis Anda agar calon pelanggan tidak ragu untuk bertransaksi dengan Anda.

Setelah Anda memiliki website, maka sosial media dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis di website Anda tersebut.

Pelajari Cara Atasi Persaingan Bisnis Secara Online

Ingatlah, bukan hanya bisnis Anda saja yang hadir di saluran online. Banyak pesaing bisnis Anda yang sudah terlebih dahulu hadir secara online dan akan muncul pesaing-pesaing baru. Persaingan akan selalu terjadi dan tidak dapat Anda hindarkan. Namun Anda dapat mengatasi pesaingan tersebut.

Tentu Anda juga harus hadir di beberapa marketplace, namun persaingan di marketplace saat ini sudah cukup ketat. Anda dapat mengatasi hal ini dengan melakukan Branding.

Banyak pebisnis yang hadir secara online akan tetapi tidak memiliki website, dan otomatis mereka tidak memiliki pengukuran sebaik Anda jika Anda telah menggunakan sebuah website untuk bisnis. Disamping itu, pesaing bisnis Anda yang hanya mengandalkan media sosial maka pengeluaran mereka akan hanya menjadi biaya, tidak dapat menjadi investasi.

Memiliki website artinya juga Anda memiliki upaya branding terhadap bisnis Anda. Ini sangat penting, karena digital marketing merupakan strategi jangka panjang. Jadi jika Anda memang serius berbisnis maka secara akal sehat Anda akan memiliki website.

Untuk dapat mengatasi persaingan bisnis secara online, Anda harus aktif di berbagai saluran online dalam menggencarkan pemasaran. Ini akan melibatkan Search Engine Optimization dan Social Media Marketing. Anda tidak dapat bersaing dengan baik jika hanya mengandalkan Social Media dan Marketplace saja. Dan untuk Search Engine Optimization, Anda harus memiliki website.

Selain itu, Anda juga akan menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads dan FB / IG Ads. Periklanan digital memberikan efisiensi karena Anda dapat menargetkan pemirsa iklan Anda dan menargetkan ulang pemirsa serupa yang pernah klik tombol WhatsApp di website Anda. Hal ini dikenal dengan nama Re-Marketing.

Anda dapat melakukan itu semua dengan secara cepat mempelajari caranya, atau dengan menggunakan jasa management periklanan digital yang biasanya mereka memberikan charge 10 – 25% dari total anggaran periklanan Anda. Anda tidak perlu repot untuk membuat grafis content iklan, dan Anda tidak perlu repot untuk mempersiapkan pixels dan analytics jika Anda menggunakan jasa management iklan digital.

Kesimpulan

Dalam mengatasi dampak pandemi terhadap bisnis, Anda tidak dapat menunda untuk hadir secara online. Masalahnya, Anda juga harus dapat hadir secara online dengan baik, efisien dan optimal. Anda harus mempelajari caranya atau menemui Konsultan Digital Marketing yang dapat Anda andalkan,

Pada akhirnya, Anda akan berpikir bahwa untuk atasi dampak pandemi pada bisnis juga membutuhkan anggaran. Tapi ingatlah, pada bisnis off-line Anda juga mengeluarkan biaya untuk sewa toko, transportasi pulang pergi ke toko, biaya listrik dan sebagainya. Anda harus berpikir secara adil jika bisnis Anda ingin bertahan di masa pandemi ini.

Setelah pandemi, otomatis perilaku konsumen akan tetap pada saluran online. Dari belanja ke toko atau ke Mall yang memerlukan usaha, kini hanya melalui gadget mereka sudah dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulailah sekarang juga untuk menghadirkan bisnis Anda secara online.

Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This