Batu permata citrine dengan daya tarik warna kuning keemasan atau kemerahan, sudah lama dikenal dikalangan gemologi dan perhiasan. Cincin citrine banyak beredar di pasar perhiasan semi exclusive. Ketersediaan permata citrine cukup banyak, namun untuk kualitas batu permata citrine tetap harus melalui seleksi.

Warna menarik dari Citrine, ditambah daya tahan dan keterjangkauannya dengan sebagian kuarsa lainnya, menjadikannya permata kuning-ke-jeruk ini merupakan permata terlaris. Ini adalah alternatif yang menarik tidak hanya untuk topaz, tapi juga untuk safir kuning. Warna citrine terbaik adalah warna kuning pekat sampai oranye kemerahan yang bebas dari warna kecoklatan. Berikut penentuan kualitas batu permata citrine.

Menentukan Keaslian Batu Permata Citrine

Dengan loop atau pembesar batu mulia, kita dapat melihat serat inklusi yang tak dapat terlihat oleh mata. Kemudian, kita dapat gerakan batu permata citrine tersebut dan perhatikan posisi dan pergerakan cahayanya. Batu permata asli akan merefleksikan cahaya yang terlihat nyala dari bagian dalam. Semakin berkualitas batu permata tersebut, maka nyala cahaya tersebut semakin berkilau hingga keluar permukaan.

Citrine palsu hanya akan memiliki cahaya dipermukaan saja. Akan sama halnya dengan melihat pantulan cahaya sebuah kaca.

Sumber Batu Citrine

Sumber batu citrine meliputi Brazil, Bolivia, beberapa negara Afrika dan sebagian Uni Soviet. Pada umumnya citrine banya berasal dari tambang permata di Brazil dan Bolivia.

Contoh Cincin Citrine

Citrine yang berkualitas bagus akan sangat tepat dipasang pada perhiasan emas untuk perhiasan wanita ataupun paladium untuk cincin pria. Berikut contoh cincin citrine pria dan wanita.

cincin citrine pria
cincin citrine wanita

Kualitas Permata Citrine

Penilaian kualitas batu permata citrine ditentukan dari:

  • Warna Batu Citrine

    Warna citrine terbaik adalah kuning pekat hinga oranye kemerahan. Definisi warna ini sangat penting untuk menilai kualitas batu permata citrine. Citrine dengan warna kuning kemerahan sering disebut sebagai “Madeira Citrine”.

  • Kejernihan Permata Citrine

    Sebagian besar citrine memiliki tingkat kejernihan yang baik. Kejernihan ini sering diberi istilah “Eye Clean” yang berarti tidak memiliki inklusi kotoran yang dapat terlihat mata. Citrine dengan inklusi kecil sering digunakan dalam potongan cabochons atau untuk seni ukiran permata. Inklusi yang terlihat pada permata berwarna pucat akan mengurangi nilai keindahan permata citrine.

  • Kualitas Potongan

    Citrine tersedia dalam berbagai bentuk, seperti oval, persegi, kotak, bundar, triliant, pear shapedan potongan custom. Banyak gaya potong dikalibrasi dalam ukuran milimeter standar untuk digunakan pada perhiasan. Kualitas cutting ini sangat menentukan, semakin rapih dan proporsional maka semakin bernilai.

  • Ukuran

    Walaupun batu permata citrine tidak dihargai secara signifikan per karat namun citrine yang lebih besar dengan kualitas warna, kejernihan dan potongan yang bagus akan menjadikannya pilihan yang baik untuk desain perhiasan yang exclusive. Tidak seperti permata berwarna lainnya, batu permata citrine yang lebih kecil bisa memiliki warna yang kuat, sehingga lebih mudah untuk mencocokkan set permata dengan ukuran berbeda.

Kristal citrine terdapat dalam berbagai ukuran hinga 20 karat, banyak tersedia di pasar perhiasan.

 

Video Batu Permata Citrine

Citrine Kualitas Pilihan

Tersedia ratusan batu permata citrine asli dengan kualitas pilihan.

Meskipun citrine tersedia dalam bentuk dan ukuran standar, banyak perancang perhiasan high-end dan pengrajin permata telah menciptakan permata kuning hangat ini menjadi potongan yang tidak biasa untuk perhiasan dan ukiran.

Citrine merupakan batu permata yang tergolong keras dan kuat, sehingga pengrajin akan lebih mudah dalam memasang permata citrine. Perawatan batu permata citrine cukup di lap saja. Citrine tahan dengan air sabun, sehingga anda tidak perlu melepas cincin saat mandi.

Pin It on Pinterest

Share This