Batu permata citrine dengan daya tarik warna kuning keemasan atau kemerahan, sudah lama dikenal dikalangan gemologi dan perhiasan. Cincin citrine banyak beredar di pasar perhiasan semi exclusive. Ketersediaan permata citrine cukup banyak, namun untuk kualitas batu permata citrine tetap harus melalui seleksi.

Warna menarik dari Citrine, ditambah daya tahan dan keterjangkauannya dengan sebagian kuarsa lainnya, menjadikannya permata kuning-ke-jeruk ini merupakan permata terlaris. Ini adalah alternatif yang menarik tidak hanya untuk topaz, tapi juga untuk safir kuning.

Warna citrine terbaik adalah warna kuning pekat sampai oranye kemerahan yang bebas dari warna kecoklatan. Berikut penentuan kualitas batu permata citrine.

Menentukan Keaslian Batu Permata Citrine

Dengan loop atau pembesar batu mulia, kita dapat melihat serat inklusi yang tak dapat terlihat oleh mata. Kemudian, kita dapat gerakan batu permata citrine tersebut dan perhatikan posisi dan pergerakan cahayanya. Batu permata asli akan merefleksikan cahaya yang terlihat nyala dari bagian dalam. Semakin berkualitas batu permata tersebut, maka nyala cahaya tersebut semakin berkilau hingga keluar permukaan.

Sintetis v.s Asli

citrine sintetik v,s asli

Citrine sintetik (gambar sebelah kiri) hanya akan memiliki cahaya di permukaan saja. Akan sama halnya dengan melihat pantulan cahaya sebuah kaca transparan. Harga citrine sintetik sama seperti sintetik lainnya, di grosiran sekitar ribuan rupiah saja dan itu sudah ukuran besar.

Sumber Batu Citrine

Sumber batu citrine meliputi Brazil, Bolivia, beberapa negara Afrika dan sebagian Uni Soviet. Pada umumnya citrine banyak berasal dari tambang permata di Brazil dan Bolivia.

Contoh Cincin Citrine

Citrine yang berkualitas bagus akan sangat tepat dipasang pada perhiasan emas untuk perhiasan wanita ataupun paladium untuk cincin pria. Berikut contoh cincin citrine pria dan wanita.

cincin citrine pria
cincin citrine wanita

Kualitas Permata Citrine

Penilaian kualitas batu permata citrine ditentukan dari:

  • Warna Batu Citrine

    Warna citrine terbaik adalah kuning pekat hinga oranye kemerahan. Definisi warna ini sangat penting untuk menilai kualitas batu permata citrine. Citrine dengan warna kuning kemerahan sering disebut sebagai “Madeira Citrine”.

  • Kejernihan Permata Citrine

    Sebagian besar citrine memiliki tingkat kejernihan yang baik. Kejernihan ini sering diberi istilah “Eye Clean” yang berarti tidak memiliki inklusi kotoran yang dapat terlihat mata. Citrine dengan inklusi kecil sering digunakan dalam potongan cabochons atau untuk seni ukiran permata. Inklusi yang terlihat pada permata berwarna pucat akan mengurangi nilai keindahan permata citrine.