Digital memudahkan segalanya. Termasuk juga bagaimana mengurus karyawan yang jumlahnya ribuan. Dan inilah pilihan aplikasi absensi online terbaik di Indonesia. Aplikasi yang akan membantu karyawan lebih disiplin lagi.

Aplikasi ini berbasis GPS atau geolocation atau geotagging attendance adalah teknologi berbasis GPS. Dimana perusahaan bisa memantau posisi karyawan dengan mudah secara real time.

Fitur yang ada pada aplikasi berbasis GPS ini memungkinkan Anda untuk mengelola absensi karyawan di lebih dari satu kantor. Atau Anda menugaskan karyawan untuk dinas di kantor lain hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Pilihan Aplikasi Absensi Online Terbaik di Indonesia

Memiliki ratusan atau bahkan ribuan karyawan bukan lagi masalah. Karena aplikasi absensi online ini bisa membantu Anda mendisiplinkan karyawan dengan sistim aplikasi absensi yang akurat.

1. Talenta

Salah satu aplikasi yang banyak orang merekomendasikan adalah aplikasi talenta. Aplikasi yang mendapat rating bintang 4,3 di google play store ini merupakan software HR sekaligus payroll. Selain mengelola sistim penggajian karyawan, juga menyediakan fitur absensi online berbasis GPS.

Kelebihan aplikasi yang telah lebih dari 500 ribu pengguna mendownloadnya ini adalah fitur selfie. Dimana karyawan tidak hanya sekadar mengklik tombol absen saja. Namun juga bisa menggantinya dengan biometrik seperti sidik jadi dan verifikasi muka.

Tak hanya itu saja. Anda juga bisa mengatur toleransi keterlambatan karyawan. Menggunakan fitur time tracking yang bisa menyesuaikan sistim penggajian prorata secara otomatis.

Bahkan ketika Anda memiliki karyawan dengan sistim kerja shift. Aplikasi ini juga menyediakan fitur scheduling. Yang memungkinkan Anda mengatur karyawan dengan mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan aplikasi ini juga mudah. Karyawan hanya perlu mengunduh di google play store ataupun AppStore. Lalu menginstalnya di smartphone masing-masing.

Seringkali karyawan membutuhkan dana darurat. Sementara gaji mereka hanya bisa keluar di akhir bulan. Talenta memiliki fitur yang mana karyawan bisa mengakses gaji mereka sebelum hari payment. Sehingga dapat membantu kebutuhan darurat mereka seperti pembayaran air, listrik, biaya kesehatan, dan lain sebagainya. Dengan benefit ini, Anda bisa mengamankan loyalitas mereka dalam beberapa waktu.

Selain itu terdapat fitur trial bagi Anda yang ingin mencobanya terlebih dahulu. Namun jika ingin langsung membeli versi premiumnya, ada dua pilihan. Yaitu kategori enterprise dan business untuk jumlah karyawan yang lebih besar.

2. Tsheets

Sama seperti Talenta, Tsheets juga menyediakan aplikasi berbasis GPS dan time tracking. Aplikasi yang lebih dari satu juta pengguna telah mengunduhnya ini memiliki fitur pengaturan shift dan assignment.

Fitur ini akan membantu Anda memantau kinerja karyawan. Darimanapun dan dari lokasi mana saja hanya dengan menggunakan smartphone.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat laporan penggajian, visibilitas tenaga kerja, lembar waktu yang terperinci dan lain sebagainya.

Jika ingin mencoba, Tsheets sekarang hadir di google play store dengan nama lain. Bernama aplikasi QuickBooks. Ada versi trial yang bisa Anda coba. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, bisa mencoba versi premium atau elite. Kedua versi ini umum menjadi pilihan untuk mengatur jumlah karyawan yang besar.

3. Gajihub

Gajihub adalah salah satu dari aplikasi absensi online yang memiliki banyak fitur yang menggiurkan. Seperti fitur yang mengelola lembur dan cuti, absensi finger print, integrasi mesin, abuse detectif, hingga fitur pelacakan dengan GPS.

Lalu perhitungan apa saja yang bisa aplikasi ini lakukan? Banyak. Seperti analisis data karyawan, data lembur dan cuti, penghitungan BPJS, PPh 21, hingga perhitungan asset perusahaan.

Aplikasi ini cocok bagi siapapun yang membutuhkan solusi terlengkap pengelolaan perusahaan. Seperti pengelolaan absensi, payroll, akuntansi, dan HRD lainnya.

Jika hanya perlu aplikasi absensi, payroll, fitur cuti dan izin, dan akuntansi saja, maka Anda cukup mendaftar saja di web Gajihub dan semua fitur itu tersedia gratis. Namun jika Anda butuh fitur yang lebih dari itu, maka harus mengambil paket yang sudah ada. Harga paketnya antara 11 hingga 16 ribuan per bulan per karyawan. Sangat murah jika melihat fitur yang aplikasi ini sediakan.

4. Connecteam

Jika membandingkannya dengan aplikasi absensi online lainnya, aplikasi connecteam memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Yaitu fitur mobile-first all-in-one. Yang memungkinkan manajer atau owner bisa mengelola kantor atau organisasi mereka dengan sebaik mungkin tanpa harus berada di kantor sepanjang waktu.

Ada pula fitur breadcrumbs yang bisa Anda gunakan untuk melacak keberadaan karyawan secara real time. Sepanjang hari selama jam kerja berlangsung. Ini adalah cara terbaik dan termudah untuk meminimalisir pencurian waktu oleh karyawan.

Siapa yang paling cocok menggunakan aplikasi ini? Yaitu karyawan lapangan yang tidak memiliki meja kerja. Baik untuk bisnis kecil maupun perusahaan yang telah besar.

5. Timely

Tidak hanya mengelola waktu dan melacak kinerja karyawan dalam satu dashboard saja. Aplikasi timely juga memungkinkan untuk memantau kinerja utama perusahaan. Yaitu kapasitas produksi secara real time.

Ada kalanya karyawan menggunakan jam kerja untuk melakukan aktifitas di luar urusan kerja. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melihat. Berapa banyak waktu di jam kantor yang hilang. Dan untuk apa saja karyawan menggunakan waktu yang hilang itu.

Sebagai bahan evaluasi mengenai kinerja karyawan di akhir periode. Untuk menentukan karyawan mana saja yang layak mendapat reward dan karyawan mana saja yang pantas mendapatkan punishment.

Tidak semua perusahaan cocok menggunakan aplikasi ini . Karena aplikasi ini hanya menjadi solusi paling baik untuk perusahaan seperti spa dan salon.

6. Harvest

Bagi Anda yang memiliki bisnis dengan memperkerjakan karyawan lepas atau freelance, cobalah menggunakan aplikasi Harvest. Aplikasi ini membantu perhitungan jam mulai hingga selesai. Yang kemudian tercatat dalam lembar waktu sekaligus.

Dengan cara ini, bisa menyesuaikan pelacakan dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Baik tugas tertentu, untuk klien ataupun karyawan freelance.

Aplikasi yang lebih dari 100 ribu pengguna telah mengunduhnya dan mendapat bintang 3,5 ini akan membantu mengelola pekerjaan freelance Anda. Sehingga bisa menentukan besarnya biaya gaji yang harus Anda bayarkan. Jika sistim pembayaran mengikuti jumlah jam untuk bekerja.

7. Adrena

Aplikasi terakhir dari aplikasi absensi online adalah aplikasi Adrena. Dari sekian aplikasi absensi, ini adalah yang paling direkomendasikan. Applikasi absensi karyawan online ini dapat digunakan baik untuk karyawan masuk kantor atau untuk karyawan yang bekerja di rumah atau WFH.

Karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Adena tidak hanya sekedar aplikasi payroll dan HRD. Tapi juga aplikasi yang didesain untuk memudahkan Anda mengelola karyawan.

Adrena dirancang berbasis cloud menggunakan fitur-fitur yang premium. Mampu mengikuti perkembangan bisnis. Serta bisa disesuaikan dengan undang-undang tenaga kerja yang berlaku. Saat ini aplikasi absensi online Adrena telah mengeluarkan fitur baru, yakni multi company. Ini artinya perusahaan holsing dapat menggunakan aplikasi absensi online ini.

Kelebihan lainnya adalah tersedia berbagai format dokumen seperti PKWT, PKWTT, surat keputusan serta surat peringatan ataupun perubahan apapun sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mengaturnya sendiri.

Bahkan baik karyawan ataupun atasan bisa melakukan beberapa pendaftaran administrasi secara mandiri dengan aplikasi ini. Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan.

Semua kemampuan ini bisa Anda dapatkan hanya dengan harga 15 ribu rupiah per karyawan saja. Flat tanpa tambahan apapun. Tentu saja sebanyak apapun karyawan Anda, harga tetap bersaing dengan provider aplikasi absensi yang lain.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Online Adrena

Sebagai aplikasi yang paling direkomendasikan dari aplikasi absensi online lainnya , tentu saja Adrena memiliki kelebihan. Yang bisa dijadikan alasan mengapa lebih memilih Adrena dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Yaitu :

1. Implementasi yang Mudah

Implementasi tahap per tahap bisa dilakukan dengan mudah. Fitur interfacenya juga ringan. Bisa digunakan oleh para pemula sekalipun. Sehingga membuat Anda mengerti langkah-langkah apa saja yang harus dikerjakan untuk menghindari kesalahan.

Pemindahan data atau proses migrasi juga bisa tak kalah mudah. Bisa dilakukan dengan upload Excel yang formatnya telah disediakan. Inilah yang tidak ditemukan pada aplikasi sejenisnya.

2. Sistim Security yang Baik

Wajar jika Adrena adalah aplikasi yang paling direkomendasikan dari aplikasi absensi online. Karena aplikasi ini memiliki sistim keamanan data yang baik. Memahami bahwa prinsip kehati-hatian perlu diterapkan bagi data rahasia perusahaan.

Adrena menggunakan beberapa sistim keamanan. Seperti enkripsi akun, HTTPS, dan dan otentifikasi multi faktor.

HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure adalah sebuah protokol dalam komunikasi di internet yang melindungi kerahasiaan dan integritas antara situs dan komputer pengguna.

Sedangkan enkripsi akun adalah suatu cara untuk mengubah informasi dalam bentuk bahasa komputer tapi tidak bisa dibaca dengan mudah. Karena menggunakan kode-kode tertentu.

Dan otentifikasi multi faktor adalah verifikasi pengguna yang berkeinginan mengakses sebuah perangkat. Dengan cara ini tidak semua bisa dengan mudah login pada aplikasi ini selain pengguna yang sebenarnya.

3. Kualitas Terbaik dengan Harga yang Terjangkau

Dengan segala kelebihan ini, Anda tidak perlu membayar mahal. Karena tidak perlu membuat server, membayar lisensi software, upgrade sistim, ataupun biaya maintenance tahunan.

Karena Anda hanya perlu membayar 15 ribu rupiah /karyawan. Selain biaya internet dan browser. Biaya ini sangat murah jika melihat fungsi yang tersedia.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online Adrena

Namanya juga aplikasi yang paling menjadi rekomendasi dari aplikasi absensi online. Tentu saja memberikan banyak keuntungan. Antara lain :

1. Meningkatkan Kesadaran Karyawan

Kesadaran karyawan terkait HR lebih meningkat. Karena setiap karyawan bisa melakukan semua administrasi terkait HR dengan cara mandiri. Dan segala informasi bisa dengan mudah tersedia hanya lewat smartphone.

2. Hemat Waktu dan Biaya

Semua proses HR bisa selesai dengan lebih efektif dan efisien. Karena semua pekerjaan seperti pembuatan PKWT, PKWTT, surat keputusan, surat slip, surat peringatan, dan lain sebagainya bisa lebih mudah. Karena secara otomatis bisa melakukan semuanya dengan satu aplikasi.

3. Pekerjaan Administrasi Lebih Singkat

Ada beberapa pekerjaan administrasi yang bukan karyawan lagi yang mengerjakannya. Melainkan telah beralih menggunakan aplikasi Adrena ini. Membuat karyawan lebih produktif. Bahkan kantor tidak perlu lagi mempekerjakan karyawan bagian administrasi. Karena dengan aplikasi ini,  administrasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi semakin mempercepat kerja operasional banyak perusahaan. Sekarang bukan alasan lagi birokrasi yang berbelit menyebabkan sulitnya memantau bagian HR. Ataupun membuat penghitungan bonus, pembayaran gaji bahkan pengaplikasian reward and punishment menjadi lamban ataupun tidak tepat sasaran.

Meski tergolong pemain baru, Adrena siap membantu Anda dalam memantau dan mengatur karyawan. Dengan begitu operasional perusahaan bisa menjadi lebih sehat sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Serta mengantar Anda up scale usaha ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This