Memilih agen pemasaran digital untuk melakukan pemasaran pada bisnis startup dqapat lebih cepat daripada mencari, mewawancarai, dan merekrut karyawan. Indonesia masih mengalami kelangkaan tenaga pemasaran online.

Biasanya, para penyedia jasa digital marketing memiliki penawaran yang lebih jelas dan dapat menangani kontrak untuk dipekerjakan secara penuh waktu. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih agen pemasaran digital

Outsource v.s In-house

Bisnis startup pada awalnya tidak memiliki anggaran yang cukup untuk mempekerjakan team pemasaran digital. Untuk melakukan pemasaran digital, Anda akan membutuhkan:

  • Manajer pemasaran digital dengan gaji Rp. 25 juta per bulan
  • Digital strategist dengan gaji Rp. 15 juta per bulan
  • Graphic designer dengan gaji Rp. 8 juta per bulan
  • Content writer dengan gaji Rp. 8 juta per bulan
  • Social media staff dengan gaji Rp. 5 juta per bulan
  • Staff Manajemen iklan dan monitoring dengan gaji Rp. 5 juta per bulan.

Total Rp. 58 juta per bulan. Dan itupun belum tentu Anda bisa dapatkan semuanya dalam waktu 1 tahun.

Dengan outsource kepada agen pemasaran digital (yang dapat banyak Anda temui di google) Anda dapat menghemat waktu dan biaya. Ingatlah, tidak semua penawaran digital marketing dapat sesuai dengan bisnis Anda. Kenali penyedia jasa digital marketing yang dapat mendapingi Anda mulai dari perencanaan, strategi, eksekusi, analisa dan penyesuaian.

Selain itu, dengan memiliki banyak staf in-house, artinya Anda wajib untuk menanggung biaya kesejahteraan karyawan dan juga biaya cadangan pensiun (program manfaat pensiun). Belum lagi biaya untuk mengirim mereka pada pelatihan dan seminar untuk menambah wawasan dan kemampuan dalam pemasaran digital.

Meskipun agensi digital marketing dapat menjadi cara yang bagus untuk memiliki tim pemasaran dengan cepat, ini bukan solusi untuk semua. Dan yang terpenting, Anda harus mencari dan memeriksa kompetensi penyedia jasa digital marketing tersebut.

Hal ini dapat menjadi tantangan ketika Anda mempekerjakan orang di luar keahlian Anda. Salah satu cara untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan banyak mencari informasi tentang bagaimana memilih agen pemasaran digital yang dapat di Andalkan.

Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Memilih Agen Pemasaran Digital

Sebagai seorang pendiri startup, mungkin saja Anda pernah mengalami sulitnya berkomunikasi dengan agensi pemasaran digital segera setelah Anda mengikat kontrak kerja dengan mereka. Ini adalah hal yang harus dihindari dalam memilih agen pemasaran digital.

Sebelum menelepon, tinjaulah website mereka dan pelajari artikel pemikiran mereka. Jika masuk akal dan sesuai dengan tipe bisnis Anda, telepon dan mintalah presentasi. Pada saat presentasi, lihatlah bagaimana strategi pemasaran digital yang mereka sampaikan, juga metrik pengukuran apa yang dapat menjadi patokan dalam menentukan kesuksesan dari strategi pemasaran digital tersebut.

Yang berikutnya adalah bagaimana mereka berhadapan langsung dengan pesaing yang ada dalam hal SEO, apakah mereka hanya membuat konten dengan kata kunci ekor panjang yang berbeda? Atau mereka menyediakan satu set konten yang memiliki tujuan tertentu untuk mengarahkan pemirsa menjadi konsumen?.

Lihatlah bagaimana ide-ide mereka untuk posting blog, apakah isi tulisan mereka selain popular di search engine juga dapat menarik dan mudah dipahami pembaca atau tidak.

Karena startup belum meluncurkan produk mereka, agensi ingin melakukan banyak hal, ini akan membuang-buang waktu dan uang. Kecuali jika sudah tiba tanggal peluncuran, maka agensi yang benar akan menyarankan untuk beriklan di Google dan kampanye Facebook.

Dapatkan Agen Pemasaran Yang Dapat Mendidik Anda

Sebagai pengguna jasa, Anda berhak untuk menanyakan terhadap apa yang disarankan oleh agen pemasaran digital Anda. Secara perlahan, Anda dapat memahami pemasaran digital dan mulai menyelaraskan dengan bisnis Anda. Sebagai konsultan pemasaran digital, saya selalu menyadari bahwa tidak ada yang mengerti bisnis selain dari para pemilik dan karyawan senior.

Miliki jadwal seminggu sekali untuk berdiskusi tentang perkembangan pemasaran digital yang dilakukan. Konsultan digital marketing akan menjelaskan kepada Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya, baik untuk memperbaiki atau meningkatkan. Dalam diskusi tersebut, sebagai pemilik bisnis tentu Anda akan fokus pada efektivitas dan efisiensi. Jika Anda ragu pada saran dan penjelasan yang disampaikan, sebaiknya Anda tidak segan-segan bertanya.

Terutama pada cara pemasaran sebelum peluncuran produk dan setelah peluncuran produk. Ini akan berbeda pendekatannya. Berdasar pengalaman kami untuk sebuah startup aplikasi kebugaran, inilah yang harus dilakukan oleh agensi pemasaran digital yang Anda pekerjakan:

  • Sebelum peluncuran produk, sebaiknya hanya lakukan content marketing. Baik untuk di website maupun di sosial media.
  • Beriklan dengan anggaran se-efisien mungkin dan hanya lakukan iklan untuk di media sosial.
  • Setelah peluncuran produk, website Anda telah memiliki setidaknya puluhan konten bermanfaat untuk para pemirsa. Maka, mulailah lakukan pemasaran dengan beriklan di google search, baik untuk mengarahkan ke website Anda, maupun untuk download aplikasi di Google Play.

Seluruh proses pemasaran digital itu harus mengikut konsep inbound marketing. Konsep ini sangat cocok bagi perusahaan startup seperti Anda. Berikut proses pemasaran digital tersebut:

StageKeterangan
AwarenessIni dimulai dari meningkatkan kesadaran merek atau memperkenalkan aplikasi Anda.
InteresetMendorong ketertarikan pemirsa di Medsos dan mesin pencari.
DecisionMemberikan alasan kenapa para pemirsa yang sudah tertarik tersebut harus gunakan aplikasi Anda
Call to ActionMengarahkan para pemirsa untuk mendownload dan install aplikasi Anda.

Dengan memahami stage pada digital marketing, tentu sebagai pendiri startup Anda akan mulai memahami bagaimana sebaiknya meng-alokasikan anggaran. Sebetulnya, proses pemasaran digital ini berlaku hampir untuk seluruh skala dan jenis bisnis.

Selalu Mengacu Kembali Pada Kontrak Saat Anda Merasa Terjebak

Setelah Anda mencari-cari cara pemasaran digital terbaik dan paling efisien untuk sebuah startup, Anda akan menemukan pentingnya pemasaran konten. Anda dapat menyediakan konten pada halaman blogging di website, dan dengan melakukan optimasi (SEO).

Jika Anda sebagai startup produk digital, sama saja sebetulnya dengan berjualan online. Hanya saja Anda tidak memerlukan kurir untuk mengirim barang. Oleh karena itu, agen pemasaran digital yang akan Anda pilih adalah yang memiliki strategi untuk memasarkan produk secara online agar ramai di beli atau di install dalam hal produk digital.

Namun tidak sedikit startup yang terjebak dalam pemasaran digital. Seperti memiliki website sebelumnya dikerjakan oleh vendor lain, namun dikunci. Ini artinya Anda harus selalu bergantung kepada vendor tersebut. Maka dalam hal ini, pastikan di awal kontrak bahwa tidak ada “Vendor Locked-in” agar tidak menghambat program pemasaran digital Anda dan pengembangan website dikemudian hari.

Selanjutnya, ketika kinerja pemasaran digital Anda tidak memenuhi target. Maka Anda dapat menanyakan pada penyedia jasa digital marketing tersebut, sesuai kontrak yang sudah disepakati. Ini sangat penting karena dapat menentukan kecepatan Anda dalam bersaing bisnis lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melihat strategi yang disampaikan sebagai cara meningkatkan penjualan yang efektif, selain untuk memastikan peningkatan pertumbuhan bisnis Anda juga untuk menjadi dasar dalam pembuatan kontrak dengan agen pemasaran digital.

Kesimpulan:

Pemasaran digital untuk bisnis startup pada umumnya sama saja dengan bisnis lainnya. Apa yang membedakan adalah cara pendekatan sesuai time-line. Ini artinya membutuhkan strategi pemasaran pada saat sebelum aplikasi diluncurkan dan setelah aplikasi diluncurkan. Selanjutnya, pemasaran digital dapat bersifat nurturing dan mempromosikan fitur-fitur baru.

Anda dapat memilih digital marketing agency hanya jika Anda dapat menemui pihak yang dapat menjelaskan Anda segala sesuatunya mengenai rencana pemasaran online untuk bisnis Anda. Ini akan melibatkan strategi, taktik dan biaya yang diperlukan untuk hasil terbaik.

Dengan memiliki mitra pemasaran digital yang tepat, Anda dapat terhindar dari vendor locked-in dan kekecewaan. Selalu kembali pada kontrak yang ada jika Anda merasa terjebak.

Ingatlah selalu, bahwa digital marketing agency dengan online advertising agency ataupun creative agency merupakan bidang jasa yang berbeda. Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, silahkan baca mengenai Kesalahan Umum Bisnis di Indonesia Dalam Pemasaran Digital.

Semoga artikel pemikiran ini dapat menambah wawasan bagi anda para founder startup Indonesia yang sedang mencari mitra pemasaran digital

Pin It on Pinterest

Share This