Nama spinel diduga berasal dari bahasa Latin, “spina”, yang berarti duri, karena bentuk kristalnya yang runcing, atau kata Yunani untuk “percikan”, mengacu pada warna cerahnya. Batu permata Spinel telah ditambang selama berabad-abad dan salah satu batu permata spinel historis yang paling terkenal dikenal sebagai “Ruby Pangeran Hitam”. Seperti namanya, ini adalah batu permata merah, yang dianggap sebagai batu rubi. The “Black Prince’s Ruby” diakuisisi oleh Edward, Prince of Wales pada tahun 1367. Ini dipasang ke dalam mahkota negara Inggris dan ditempatkan di Tower of London.

Kerancuan Definisi Ruby dan Safir

Spinel adalah mineral batu permata yang telah dulu dianggap sebagai batu ruby dan safir selama lebih dari 1000 tahun. Beberapa batu permata spinel paling spektakuler yang pernah ditemukan dipasang di “permata mahkota” dan “perhiasan penting lainnya” di bawah asumsi bahwa mereka adalah batu rubi atau safir.

Spinel muncul dengan warna merah dan biru terang yang sama seperti rubi dan safir. Bentuk spinel di unit batuan yang sama, di bawah kondisi geologi yang sama dan ditemukan di kerikil yang sama. Tidak mengherankan bila pedagang permata kuno mengira bahwa spinels berwarna-warni ini adalah rubi dan batu safir.

Penjelasan Tentang Batu Permata Spinel

Spinel, seperti garnet dan berlian, bersifat bias tunggal, dengan sifat fisik yang sama di semua arah kristal. Ini termasuk dalam sistem kristal kubik, dan bentuk kristal khasnya adalah oktahedron, yang terlihat seperti dua piramida back-to-back. Kristal spinel yang terbentuk dengan baik cukup umum di alam.

Batu Permata Spinel juga bisa membentuk kristal yang rata yang terlihat sangat berbeda dari kristal oktahedral. Bentuk pipih terjadi ketika piramida yang membentuk oktahedron berputar satu sama lain selama pertumbuhan. Ilmuwan menggambarkan ini sebagai “kristal kembar.” Permata besar yang dipotong dari kristal kembar dengan warna bagus biasanya dangkal, dan harus dinilai berdasarkan keindahannya secara keseluruhan dan bukan pada proporsi saja.

Spinel yang digunakan pada perhiasan adalah bagian kecil dari sekelompok mineral yang memiliki struktur kristal yang sama. Tidak semua dari mereka membentuk kristal transparan yang sesuai untuk penggunaan perhiasan.

Warna Batu Permata Spinel

Spinel menawarkan berbagai corak, dari oranye sampai merah intense, pink menyala, dan semua nuansa ungu, biru, dan ungu menembus warna hijau kebiruan.

Merah dan merah muda yang intens disebabkan oleh jejak kromium. Semakin tinggi kandungan kromium, semakin kuat rona merah. Batu-batu oranye dan ungu warna terbentuk dari campuran besi dan kromium.

Spinel warna violet kebiruan diwarnai dengan jumlah besi yang tertinggal, dan warna biru yang cerah berasal dari warna jenuh mereka yang terdiri dari sejumlah kobalt.

Permata Spinel Purplish Pink
Batu Permata Spinel Ungu Pink
Permata Spinel Biru Kehijauan
permata spinel biru kehijauan
Dark Purple Spinel
spinel warna ungu pekat

Harga Pasaran Batu Permata Spinel

Saat ini di Indonesia, batu permata spinel memang belum dikenal seperti di luar negeri. Meningkatnya permintaan akan alternatif ruby menghidupkan kembali apresiasi terhadap warna dan sejarah merah cemerlang batu permata spinel. Pada zaman kuno di Asia Tenggara, ada beberapa wilayah yang menghasilkan kristal spinel yang luar biasa. Batu permata spinel tersebut milik raja dan kaisar, yang seringkali melewati banyak tangan sebagai rampasan perang. 

indeks harga permata spinel

Terkadang batu permata spinel dengan kualitas super atau barang perhiasan yang bernilai sejarah dijual di lelang dengan harga sangat tinggi. Satu kalung berisi sebelas batu permata sipinel yang berkilau merah terang, berjumlah 1.132 karat milik kaisar Mughal, dijual seharga lebih dari $ 5 juta atau senilai Rp. 66 Milyar. Dan jika di hitung per karat maka harga per karat batu permata spinel tersebut sekitar Rp. 58 juta.