Pemasaran digital atau digital marketing merupakan bidang keahlian yang semakin banyak dibutuhkan oleh bisnis di Indonesia. Ada beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi digital marketer, apa saja itu? Mari sediakan teh hangat campur jahe sembari baca artikel ini.

Seorang Digital Marketer Harus Kuasai Banyak Keahlian

Hal ini dikenal dengan istilah “Full-stack Digital Marketer” jika Anda ingin benar-benar menjadi seorang digital marketer yang andal. Istilah ini pertama kali dinyatakan oleh Marcelo Calbucci dan Morgan Brown. Ini merujuk pada jenis keterampilan, pola pikir, dan pendekatan yang mampu dilakukan oleh beberapa pemasar.

Ini artinya, fullstack digital marketer harus memiliki pengetahuan tentang dan dapat merujuk ke semua tingkat pemasaran “tumpukan” (frasa yang berasal dari “pengembang tumpukan penuh” – mereka yang dapat mengkode keduanya persyaratan back-and front-end untuk suatu aplikasi).

Seorang Full Stack Digital Marketer berbeda dengan kebanyakan spesialis pemasaran yang fokus pada disiplin pemasaran yang spesifik. Misalnya, pemasaran afiliasi, pemasaran konten / inbound, pemasaran media sosial, pemasaran loyalitas, pemasaran multi-level, dan peretasan pertumbuhan (Growth Hacking). Scott Brinker memiliki daftar lebih dari 130 spesialisasi pemasaran yang berbeda untuk memperinci frasa “pemasaran” di zaman sekarang ini.

17 Keahlian yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang digital marketer

Apakah Anda melakukannya sendiri atau menyewa seorang ahli, penting untuk mengetahui beberapa atau semua keterampilan yang harus dimiliki profesional digital marketing.

Inilah 17 keterampilan terpenting yang harus dimiliki untuk pemasaran digital. 

1. Analytics - Aplikasi & Web

Anda tidak dapat meningkatkan apa yang tidak diukur. Anda harus memiliki pengaturan analitik dengan benar dan tahu cara mengekstrak data yang Anda butuhkan. Ini seperti menggunakan Google Analytics untuk mengukur kinerja digital marketing Anda. Tanpa ini, Anda tidak dapat meng-optimalkan upaya pemasaran digital Anda.

2. Komunikasi Digital

Banyak pendiri perusahaan startup terlalu memperhatikan aspek teknis dari produk mereka, salah berasumsi bahwa orang akan memahami produk mereka dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan sendiri. Tugas seorang digital marketer adalah menjadi “penerjemah”, mencocokkan produk mereka dengan kebutuhan di pasar dan mengomunikasikan solusi kepada pemirsa yang tepat dengan menggunakan bahasa yang tepat.

Komunikasi ini dapat berupa visual seperti Foto, Grafis dan Video. Ini artinya seorang ahli pemasaran digital juga harus kreatif. Memahami perilaku konsumen online dan situasi di suatu saluran digital juga menjadi salah satu syarat komunikasi digital yang efektif.

3. Analisis Pesaing

Persaingan dapat langsung atau tidak langsung untuk setiap startup atau bisnis yang sudah mapan. Bahkan jika Anda memiliki produk atau layanan yang sepenuhnya unik, tidak mungkin untuk tidak menghadapi persaingan.

Anda perlu tahu cara menganalisis secara efektif semua jenis pesaing. Ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan peralatan seperti similar web, Ahrefs, dan sebagainya. Dalam pemasaran online, Anda harus memahami kekuatan pesaing di saluran online. Anda dapat mengikutinya dan “mulai menyalip di tikungan” untuk dapat menjadi pemimpin pasar.

Tugas seorang pemasar digital adalah menganalisa para pesaing dan memetakan strategi serta aksi yang diperlukan untuk dapat menjadi unggul.

4. Copywriting

Judul, berita utama, halaman arahan, posting blog, dan sebagainya sangat dibutuhkan dalam pemasaran digital.Anda harus dapat mengkomunikasikan ide dengan baik, dan menginspirasi orang untuk mengambil tindakan.

Pengunjung web semakin teralihkan secara online, jadi Anda perlu menarik mereka dengan sesuatu yang menarik atau menunjukkan bagaimana Anda akan menyelesaikan masalah mereka. Dan kemudian Anda perlu menindaklanjuti secara efektif, karena kebanyakan orang tidak akan membeli pada kunjungan pertama mereka.

Teknik ini disebut juga sebagai “Content Marketing” atau “Inbound Marketing”. Ini akan menarik pemirsa ke website Anda, dan mengarahkan mereka untuk menjadi pelanggan bisnis.

5. Kesuksesan Pelanggan

Dukungan pelanggan kelas dunia harus diberikan. Data pelanggan dapat diolah untuk menjadi proaktif dalam mengidentifikasi pelanggan yang berisiko sambil meningkatkan nilai seumur hidup dari pelanggan. Anda harus dapat meningkatkan kecerdasan dan otomatisasi untuk dapat proaktif mengelola retensi, mengurangi kehilangan pelanggan yang tidak terduga dan mengidentifikasi peluang peningkatan penjualan.

6. Pemasaran via Email

Email tetap menjadi salah satu saluran distribusi terbaik untuk pemasaran. Anda harus dapat secara efektif menggunakan kekuatan email dengan membuat dan mengoptimalkan email yang dikirimkan, dibaca, dan mencapai hasil yang diinginkan. Akan tetap dalam hal ini Anda tidak boleh melakukan Spam.

Gunakan sebuah kolom “berlangganan” di website Anda untuk mendapatkan daftar e-mail. Integrasikan website dengan peralatan e-mail seperti mail-chimp agar Anda dapat selalu mengirim e-mail secara otomatis ke para pelanggan.

7. Lead Generation

Seorang digital marketer juga harus memahami bagaimana cara mendapatkan prospek secara online. Ini biasanya dilakukan melalui sebuah artikel atau sebuah White Paper. Kemudian Anda dapat mempromosikan tulisan tersebut melalui iklan Facebook. Iklan Facebook di akhir tahun 2019 sudah memiliki fitur untuk menghasilkan prospek.

Anda dapat membuat sebuah seri content inbound untuk menargetkan pemirsa tertentu. Ini akan meningkatkan tingkat keyakinan pemirsa sebelum ambil keputusan.

8. Strategi Pemasaran

Untuk menjadi digital marketer yang andal, Anda harus memahami perilaku konsumen online yang tidak sama dengan konsumen offline. Mereka tidak langsung membeli begitu mengetahui sebuah produk. Pemahaman perilaku konsumen online ini akan memberikan wawasan langkah-langkah apa saja yang diambil konsumen sebelum membeli.

Setelah itu, Anda dapat adaptasikan pemahaman tersebut ke sebuah strategi pemasaran digital dan kemudian merumuskan taktiknya. Hanya dengan cara ini sebuah pemasaran digital dapat efektif dilakukan. Banyak bisnis yang terjebak dengan pemasaran digital, mereka hanya terpaku pada masalah biaya saja.

Sebagai digital marketer, Anda harus memahami pemasaran arahan (inbound marketing) sebagai implementasi dari sebuah strategi digital marketing.

9. Pemasaran Seluler

Baik memasarkan aplikasi seluler atau menargetkan pelanggan potensial, pemasaran seluler semakin penting secara eksponensial. Ini artinya, Anda harus dapat membuat sebuah website yang Mobile Friendly yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan.

Pemasaran seluler juga membutuhkan iklan di perangkat seluler, seperti di Google Ads maupun di FB dan Instagram. Menargetkan pengguna dengan perangkat tertentu merupakan aktivitas yang berada di dalam pemasaran seluler.

Pemasaran seluler yang tidak kami sarankan adalah melakukan Spam via SMS atau WhatsApp. Ini dapat menghancurkan kredibilitas bisnis atau brand.

10. Pemasaran melalui Influencer

Menciptakan kemitraan yang tepat sebagai bagian dari strategi pengembangan pasar dapat membantu Anda menciptakan solusi secepat mungkin. Misal bermitra dengan media dan para influencer. Seorang digital marketer harus dapat menemukan cara untuk bermitra dengan mereka, ini dapat memangkas biaya yang besar.

Pemasaran influencer dengan cepat menjadi salah satu saluran pemasaran online yang paling penting. Anggaran tumbuh dengan cepat. Anda harus dapat melihat mana influencer yang cocok dengan produk tertentu, dan mana influencer yang palsu untuk menghindari pemborosan.

11. Predictive Analytics

Predictive analytics adalah penggunaan statistik, pembelajaran mesin, penambangan data, dan pemodelan untuk membuat tenaga penjualan tahu bagaimana dan kapan berkomunikasi dengan prospek untuk memiliki peluang terbesar dalam menghasilkan penjualan.

Prediksi didasarkan pada sistem yang memanfaatkan setiap variabel yang dapat dibayangkan yang memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli.

12. Optimalisasi Website

Ini dikenal dengan Search Engine Optimization yang mengantarkan sebuah website berada di posisi atas pada hasil pencarian kata kunci tertentu. Memahami SEO merupakan hal wajib bagi seorang digital marketer. Saat ini branding di search engine akan lebih penting ketimbang branding di media sosial.

Keahlian SEO ini menuntut beberapa keahlian lainnya, seperti pengembangan website, SEO copy writing, dan penggunaan Analytics. Selain itu, Anda juga harus memahami teknik backlink dan internal linking. SEO ini memiliki 2 kategori, onsite SEO dan offsite SEO. Ada 200 faktor pada SEO dan Anda harus dapat memahami hal tersebut secepat mungkin.

13. Pemasaran melalui Sosial Media

Anda perlu tahu cara menggunakan media sosial untuk menarik orang ke bisnis. Dengan menyelaraskan konten yang Anda terbitkan dengan minat pelanggan, Anda secara alami menarik lalu lintas ke website yang kemudian dapat hasilkan konversi (penjualan).

Untuk dapat diandalkan oleh berbagai jenis bisnis, Anda harus memahami karakteristik saluran digital. Ini sangat penting untuk menentukan media mana yang tepat untuk bisnis. Umpan balik dari konsumen di situs jaringan online dapat beriak dari satu ke yang lain, yang dapat mendongkrak bisnis atau malah menghancurkan bisnis.

Dengan pemahaman sosial media yang kuat, Anda dapat memberikan efisiensi dalam anggaran biaya pemasaran digital. Pemasaran di media sosial akan melibatkan keahlian dalam produksi konten kreatif, inbound marketing, manajemen iklan, dan social media monitoring.

Sosial media merupakan tempat yang bagus untuk meningkatkan awareness dan ketertarikan orang untuk sebuah produk. Anda harus dapat menarik pemirsa di sosial media ke website penjualan Anda.

Banyak bisnis yang melakukan kesalahan dalam pemasaran digital dengan hanya mengandalkan media sosial saja tanpa sebuah website. Anda dapat hadir memberikan solusi untuk mereka.

14. Pemasaran Ulang

Statistik umumnya mengutip 96% pengunjung meninggalkan situs web sebelum mengkonversi dan 46% orang mengunjungi situs web 2 hingga 4 kali sebelum melakukan pembelian.

Keranjang belanja online ditinggalkan lebih dari 70% dan pelanggan biasanya menghapus 60% dari barang-barang yang awalnya ditambahkan ke keranjang belanja.

Pemasaran Ulang memungkinkan Anda untuk mengingatkan mereka saat menelusuri situs web lain. Ini merupakan salah satu keahlian digital marketing untuk mengoptimalisasi pemasaran digital. Anda dapat memberikan penghematan yang luar biasa disamping peningkatan penjualan dengan re-marketing.

15. Pengujian Split

Optimasi halaman landing page biasanya dikaitkan dengan pengujian split A / B karena keduanya bekerja bahu-membahu, tetapi halaman beranda dan posting blog juga merupakan kandidat yang sangat baik untuk membagi berita utama pengujian, CTA dan gambar.

Laman landas yang sangat dioptimalkan mendorong konversi, pendapatan, dan pengujian terpisah adalah metode untuk menemukan laman berperforma tertinggi. 

15. Bercerita

Dengan hadirnya sosial media dan platform video seperti Youtube, Story telling semakin penting. Pemasaran digital kini harus dilakukan dengan cara bercerita. Bercerita ini bukan seperti membuat cerita fiksi, tapi membuat cerita untuk menarik minat pemirsa dan menanamkan merk pada ingatan mereka.

Pada umumnya, orang akan suka cerita bagus di balik produk atau layanan. Sebagai seorang pemasar, dapat menceritakan kisah yang menarik adalah keterampilan yang harus dimiliki karena Anda akan dapat terhubung dengan pengguna secara emosional dan menginspirasi tindakan yang diinginkan.

16. Pemasaran Video

Video online telah menjadi sarana utama bagi orang untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan. Banyak usah kecil yang belum memasukkan video dalam strategi pemasaran online mereka. Anda dapat memenuhi “panggilan tersebut” dengan menguasai editing video menggunakan peralatan online.

Kemudian, sebagai seorang digital marketer, Anda harus dapat mendistribusikan produksi video tersebut di saluran yang tepat. Ini akan melibatkan pemahaman tentang saluran online dan cara menargetkan pemirsa pada dashboard iklan online.

17. Audit Situs Web

Anda harus dapat mencurahkan desain situs web, kontennya, statistik, dan strategi yang membuat situs terlihat oleh pemirsa yang tepat dan bagaimana hal itu mengubah pengunjung tersebut.

Anda dapat menggunakan SEMRUSH untuk melakukan audit situs web. Akan ada banyak saran yang muncul saat Anda telah memasukkan sebuah alamat website pada aplikasi Semrush tersebut. Seorang Full Stack Digital Marketer harus dapat memenuhi saran-saran tersebut dan menyelesaikan semua masalah.

Disamping itu, Anda juga dapat menggunakan Google Webmasters Tools untuk melakukan monitoring terhadap website.

Terutama setelah masa pandemi Corona berakhir, setiap bisnis harus mulai melakukan pemasaran digital. Akan ada sebuah New Normal yang mana orang akan lebih banyak berada dirumah dan semakin tidak terbiasa untuk belanja ke Mall. Jadi, segeralah kuasai beberapa keahlian pemasaran digital. Tidak perlu semuanya, cukup kuasai yang mana yang penting untuk bisnis atau karir Anda sebagai profesional pemasaran modern.

Kesimpulan

Sebagai seorang digital marketer, Anda harus mampu mengatasi banyak masalah untuk berbagai jenis bisnis. Dengan memahami tujuan bisnis dan perilaku konsumen online Anda dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat.

Pelajari mulai dari sekarang, bidang ini akan menjadi bidang yang paling dicari oleh banyak perusahaan.

 

Pin It on Pinterest

Share This