Setelah menerbitkan beberapa halaman landing page untuk jualan rumah, saya terpikir untuk membuat artikel mengenai desain rumah minimalis berkonsep industrial. Ini juga terinspirasi dari rumah teman saya yang berlokasi di Kemang, Jaksel.

Minimalisme adalah gerakan yang mengalir dari seni populer ke desain rumah pada tahun 1920-an, namun masih dianggap sebagai salah satu gaya paling inovatif.

Gaya desain rumah minimalis adalah seputar ‘latihan menahan diri’, di mana ruang, pencahayaan, dan objek memainkan peran yang sama pentingnya. Gaya ini menuntut Anda untuk memilah-milah perabotan sampai ke hal-hal mendasar, sehingga hanya tersisa benda yang memberikan dampak maksimal. Jauh dari membosankan, gaya ini berani, fungsional, dan sangat berkesan.

Desain Rumah Minimalis Bergaya Industrial

Rumah minimalis industrial adalah rumah yang bergaya maskulin. Bayangkan bata ekspos, kayu keras, permukaan dinding dengan semen sika, dan jendela dari lantai ke langit-langit. Gudang yang dikonversi menjadi ruang tamu dengan denah lantai terbuka lebar dan peralatan stainless steel semuanya bergabung untuk menciptakan hunian kota ideal untuk para pria Millenial.

Sesuai sifatnya, rumah yang terinspirasi oleh industri cenderung minimalis dan langsung, dengan menggunakan warna netral warna abu-abu pada bagian permukaan.

Sebelum masuk kepada konsep, ada baiknya saya lampirkan beberapa contoh rumah minimalis bergaya industrial.

contoh desain rumah minimalis
dekorasi dinding rumah minimalis bergaya industrial

Salah satu kunci dari desain rumah minimalis bergaya industrial adalah mengubah benda-benda lama menjadi furniture baru. Misal, mengubah gerobak menjadi meja kopi atau membuat furniture meja dan laci nakas minimalis dengan bentuk sederhana.

Lihatlah di sekitar rumah Anda. Lihatlah semua perabotan di setiap kamar dengan hati-hati. Lihatlah ke potret yang tergantung di dinding dan benda-benda yang ada di atas permukaan meja Anda. Apakah semuanya harus ada di sana? Atau bisakah Anda menyingkirkannya? Minimalisme hanya itu. Dan Anda dapat beralih ke cara hidup yang menyegarkan di mana hidup menjadi rapi, teratur, dan bebas dari kekacauan.

Prinsip Desain Rumah Minimalis Bertema Industrial

Memang sangat mudah untuk menyalin tren desain rumah minimalis. Ini seperti memutihkan ruangan, memberikan beberapa geometri tajam, dan menyebutnya minimalis — tetapi ini akan membuat ruangan terlihat dipaksakan, bahkan hampa.

Dalam lahan 100 meter sekalipun seperti pada rumah dijual di tebet timur dalam ini,  Anda dapat membangun rumah 2 sampai 3 lantai dalam konsep desain rumah minimalis. Untuk bergaya industrial, saya perhatikan, lebih banyak ruangan yang langsung terlihat dengan sudut tangga yang transparan atau langsung.

Untuk desain rumah minimalis dengan konsep industrialis, ada beberapa konsep yang dapat menjadi patokan Anda. Berikut konsep desain rumah minimalis bergaya industrial.

Fungsionalitas dalam minimalis

Minimalisme telah dicap pelopor desain berpikiran maju, tetapi tidak terbawa oleh keinginan yang mewah. Dekorasi minimalis memecah ruangan menjadi kebutuhan — ini berarti setiap item harus fungsional.

Sekilas, tampaknya ada banyak hal yang terjadi pada konsep desain rumah minimalis: tangga berkelok-kelok yang mengapung di atas meja makan, pemandangan halaman belakang yang luas, dan lampu gantung. Tetapi perhatikan bahwa furnitur terbatas pada kursi bar dan meja makan.

Perlengkapan lampu yang halus dan satu keping tembikar adalah satu-satunya hiasan nyata, dan keduanya melayani tujuan praktis. Di ruangan minimalis, bahkan benda-benda dekoratif memiliki tujuan.

Fokus pada fungsi, lalu adakan hanya jika diperlukan. Lakukan lebih banyak dengan lebih sedikit.

Kolase karya seni abstrak bukanlah tanda minimalisme. Berikan masing-masing alasan untuk berada di sana.

 Bentuk dalam dekorasi minimalis

Setelah menunjukkan dengan tepat perabot yang dibutuhkan ruangan, pertimbangkan bentuk masing-masing bagian. Pikirkan bentuk dasar: kotak dan persegi panjang. Kemudian pikirkan garis yang paling umum digunakan dalam desain: horisontal, vertikal, diagonal, zigzag, dan melengkung.

Batasi pada bentuk-bentuk tersebut untuk memenuhi unsur minimalis dan sampai pada inti esensi industrialis. Meskipun tidak perlu seketat ini dalam pilihan formulir Anda, tetap berpegang pada dasar-dasar akan memperjelas desain ruangan. Keseragaman tetap diperlukan untuk menghadirkan ruangan secara keseluruhan.

Kamar tidur utama dapat berbentuk kotak dan persegi panjang yang mendominasi ruangan. Bingkai tempat tidur terdiri dari dua lempengan persegi yang sejajar satu sama lain. Bangku, dudukan tempat tidur, dan dinding semuanya dipotong persegi panjang. Bentuk yang paling berani adalah kaki zigzag bed bed dan bentuk melengkung.

Loyalitas kamar tidur terhadap prinsip-prinsip desain rumah minimalis memberikan kebebasan lebih untuk menggabungkan dekorasi eksperimental, seperti yang digambarkan oleh sentuhan-sentuhan yang terinspirasi Afrika Barat yang dijalin ke dalam kerangka industrialis. 

Anda juga dapat menambahkan dinding bata merah kualitas premium pada beberapa blok bidang dinding di berbagai ruangan. Ini biasanya berada ditengah ruangan yang akan menjadi tujuan pertama bagi mata yang memandang. Dinding bata ini dapat di kombinasikan dengan lampu yang membentuk ambien pencahayaan yang indah dan menarik.

 

Alur pergerakan di rumah minimalis

Anda ingin ruangan menjadi harmonis, bukan?. Perhatikan alur gerak Anda di rumah tersebut. Ini dapat mengikuti kebiasaan umum. 

Area masuk ke kamar mandi mungkin dapat Anda tutup dengan sebuah pintu seret dari kaca alumunium, mungkin ini ruang lemari baju, dan ruang ganti pakaian. Kemudian, berjalan lurus terus untuk ke arah kamar mandi yang di tutupi hanya oleh sebilah tirai atau tanpa tirai sama sekali, karena pintu sudah berada para area masuk ke ruang lemari tersebut.

Anda dapat mendesain kamar mandi dengan dinding atau atap yang sebagian terbuka. Ini dapat memberikan sirkulasi udara pada kamar mandi dan toilet tetap terjaga. Dengan demikian, jika kamar mandi tersebut berada di kamar tidur Anda, maka udara di kamar tidur Anda pun tetap segar. 

Toilet juga dapat menggunakan gaya yang digantung di dinding. Ini memang tidak lazim, tapi keren. Bak mandi dan dinding di sekitarnya dapat menyatu.

Anda bisa menjadi inovatif dengan desain rumah minimalis, tetapi pastikan tidak banyak fitur yang terlalu menonjol dibandingkan yang lainnya.

Warna pada rumah minimalis

Mewarnai ruang minimalis dengan nuansa sederhana seperti putih, krem, dan abu-abu memang populer, tetapi mencoba sesuatu yang bura bukanlah dosa dalam konsep desain rumah minimalis industrialis.

Warna primer seperti kuning dan biru baik-baik saja asalkan warnanya paling murni. Penyimpangan seperti hijau dan biru dapat membuat rumah terlihat lebih kontemporer daripada minimalis, mencerminkan gerakan desain yang datang setelah era minimalis atau seperti pada kantor perusahaan startup.

Dapur adalah tempat yang sangat bagus untuk menggabungkan warna-warna yang lebih cerah. Dalam ruang minimalis, meja makan dan dapur sering berbagi ruang yang sama, jadi Anda tidak ingin area tempat Anda berkumpul untuk berbicara dan makan tampak terlalu steril.

Anda juga dapat memoles tembok dengan semen sika dengan mempertahankan tampilan warna abu-abu, sehingga dapat terkesan lebih maskulin dan lebih industrialis.

Lantai minimalis

Meski minimalis, rumah Anda tidak boleh kaku. Seharusnya tetap nyaman – berusaha untuk mencerminkan nada modern. Beton dan kayu (parket) adalah dua pilihan lantai paling populer untuk desain minimalis. Para Arsitek minimalis menyukai bahan konstruksi yang dianggap modern terutama baja dan kaca industri — karena sifatnya yang sederhana.

Menggelar karpet di lantai adalah metode yang populer di kalangan minimalis yang ingin menambah kehangatan pada ruangan.

Dekorasi rumah minimalis bergaya industrial

Sebelum Anda mulai mendekorasi, telusuri ruang Anda.

Sangat penting bagi Anda untuk menyederhanakan rumah Anda bahkan sebelum berpikir untuk menambahkan dekorasi minimalis. Investasikan pada peralatan all-in-one, lemari dan kloset de-dupe yang memiliki semuanya, dan menjaga permukaan tetap bersih dan jernih.

Sebuah rumah yang menghindari langkah awal ini bisa terlihat lebih retro daripada minimalis ketika Anda menambahkan perabotan seperti kursi kaki Eiffel dan kredo ramping.

dekorasi lampu untuk desain rumah minimalis

Jangan merasa kewalahan. Anda tidak perlu menjadi arsitek untuk mengerjakan desain rumah minimalis berkonsep industrial ini. Anda dapat lakukan apa yang Anda yakini bisa.

Tambahkan lebih banyak ruang.

Boleh dibilang ini hal penting pada konsep minimalis, perabotan minimalis sebagai pembantas ruang. Jika Anda sudah terlalu bosan dengan pembatas yang kaku, Anda dapat menyigkirkan tembok tersebut.

Meja dapur, meja makan, dan sofa ruang tamu harus memilki alur yang sinkron satu sama lain. Tidak ada batasan berbeda yang menandai di mana Anda memasak dan di mana Anda harus menonton televisi. Desain minimalis selalu memberi ruang yang luas di antara fitur-fiturnya. Lakukan hal yang sama di rumah Anda.

Semoga ide segar desain rumah minimalis konsep industrial ini dapat menjadi pertimbangan dalam rencana renovasi rumah Anda. Terimakasih 🙂

Pin It on Pinterest

Share This