Cara Memilih Layanan Cloud Storage untuk Produksi Iklan

Layanan cloud memiliki banyak manfaat bagi para pelaku bisnis UKM termasuk para production house, agency dan post production. Kebutuhan akan penyimpanan yang cepat dan fleksibel akan sangat membantu pekerjaan mereka. Artikel ini akan lebih menyajikan cara memilih layanan cloud storage daripada peluang layanan cloud storage.

Memilih Layanan Cloud Storage untuk Rumah Produksi Iklan

Production house membutuhkan penyimpanan yang dapat berkolaborasi dengan para agency, baik dalam satu wilayah maupun beda negara. Ini dapat mempercepat proses penyelesaian pekerjaan mereka ketimbang memakai screenshot atau gambar via e-mail.

Memilih Layanan Cloud Storage untuk Rumah Produksi

Memilih Layanan Cloud StorageKebutuhan ruang penyimpanan data pada produksi iklan cukup besar karena banyak memuat file multimedia. Kebutuhan layanan cloud storage tersebut akan bersifat sementara, artinya begitu pekerjaan mereka selesai mungkin mereka hanya akan menyimpan file tersebut selama 3 bulan, selanjutnya mereka akan pakai untuk produksi iklan yang lain.

Pemilihan layanan penyimpanan cloud membutuhkan beberapa hal penting untuk di ketahui untuk para pelaku bisnis rumah produksi dan UMKM lainnya. Berikut cara pilih layanan cloud storage:

  • Infrastruktur Data Center

    Setiap layanan cloud akan selalu terdapat infrastruktur fisik data center dibaliknya. Dalam memilih layanan cloud storage, pilihlah layanan cloud yang memakai infrastruktur data center TIER III karena ketersediaan aksesibilitas layanan lebih terjamin. Tentunya anda tidak ingin ada hambatan pada saat anda membutuhkan kolaborasi melalui layanan cloud storage.

  • Teknologi Cloud

    Teknologi cloud yang dapat diandalkan dapat anda rasakan dalam mengakses kedalam layanan tersebut. Kecepatan dan kelancaran akses aplikasi penyimpanan cloud baik melalui desktop maupun mobile akan menjadi faktor penting dalam memilih layanan cloud storage yang dapat anda andalkan untuk bekerja dengan berkolaborasi. Keamanan data dengan enkripsi yang digunakan juga merupakan faktor pemilihan layanan cloud storage. Silahkan baca tentang teknologi cloud untuk keamanan cyber seperti terhadap serangan DDoS dan ransomware.

  • Fungsionalitas

    Layanan cloud storage yang dapat meng-otomatisasi pekerjaan anda dalam hal kolaborasi file multimedia akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan editing grafis dan suara. Otomatisasi tersebut lebih pada fungsi kolaborasi dan koneksi terhadap layanan tersebut, artinya dimanapun anda berada dapat selalu mengakses file dan komen terkait. Pada fungsi komentar, akan lebih bagus lagi jika aplikasi cloud yang digunakan memiliki fungsi threaded reply atau rantai balasan dan diberikan pop-up alert / notifikasi setiap ada komentar atau balasan terbaru.

  • Fleksibilitas

    Fleksibilitas besaran kapasitas penyimpanan akan lebih penting dalam memilih layanan penyimpanan cloud ketimbang harga layanan cloud itu sendiri. Karena, untuk kebutuhan penyimpanan khusus dengan fungsi kolaborasi tidak akan sama harganya dengan layanan cloud storage biasa. Seperti pada layanan cloud lainnya, anda hanya akan membayar sesuai pemakaian saja. Oleh karena itu, anda dapat memilih layanan cloud storage yang menerapkan harga berdasar kapasitas penyimpan terkecil (biasanya per 1 GB).

Bagi para pengusaha data center, tentunya sudah saatnya sekarang berinovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan bisnis UKM. Peluang usaha layanan cloud storage terbuka luas tidak hanya sebatas untuk usaha kecil dan menengah saja, bahkan layanan ini dapat ditujukan untuk individu C-Level dan Profesional, tentunya dengan fitur yang disesuaikan untuk kebutuhan mereka.

Kesimpulan:

Dalam menyelesaikan produksi sebuah iklan, pihak yang terlibat memerlukan penyimpanan dan kolaborasi untuk mempermudah proses kerja. Penyesuaian pekerjaan satu iklan membutuhkan media untuk berkolaborasi, dimana metode DevOps merupakan praktik terbaik saat ini. Rumah produksi dan layanan post production akan lebih mudah berkomunikasi tentang editing iklan dengan pihak client / agency.

Dalam memilih layanan cloud storage ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti fungsionalitas, keamanan, fleksibilitas dan jaminan layanan. Dengan memahami layanan cloud storage yang dapat anda andalkan, maka kecepatan dalam penyelesaian produksi iklan dapat meningkat. Semoga bermanfaat untuk cara pilih layanan cloud storage yang anda.

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan