Bagi para penggemar perhiasan permata, batu tanzanite adalah salah satu batu mulia yang paling banyak diburu karena cukup langka. Baik harga tanzanite,maupun contoh perhiasan tanzanite akan kami sajikan di artikel ini.

Apa itu Batu Tanazanite?

Tanzanite adalah mineral zoisite berwarna biru dan violet. Zosite ini merupakan elemen: kalsium aluminium hidroksil sorosilikat, yang disebabkan oleh sejumlah kecil vanadium. Tanzanite termasuk dalam kelompok mineral epidote. 

Tanzanite hanya ditemukan di Tanzania, di daerah penambangan yang sangat kecil (sekitar 7 km (4,3 mil) panjang dan 2 km (1,2 mil) lebar) di dekat Bukit Mererani, pegunungan Kilimanjaro.

Tambang Batu Tanzanite

Tanzanite dikenal karena trichroisme atau tiga fenomena penampakan warna  yang sangat kuat. Warna pada batu tanzanite dapat muncul dengan warna biru, ungu dan merah anggur tergantung pada orientasi kristal. Tanzanite juga dapat tampil berbeda jika dilihat dalam kondisi pencahayaan yang berbeda. Warna biru Tanzanite tampak lebih jelas di bawah cahaya neon dan warna tanzanite ungu dapat dilihat dengan mudah di bawah pencahayaan pijar.

Batu permata ini diberi nama ‘tanzanite’ oleh Tiffany & Co. dari nama Tanzania, negara tempat permata tanzanite ditemukan. Nama ilmiah “blue-violet zoisite” tidak dianggap cukup ramah konsumen oleh departemen pemasaran Tiffany, yang memperkenalkannya ke pasar pada tahun 1968 dengan nama Tanzanite.

Berapa Harga Tanzanite?

Setelah adanya berita tentang penemuan batu tanzanite seharga Rp. 47 milyar, tentu kita bertanya-tanya berapakah harga batu tanzanite saat ini di tahun 2020 ?

Harga batu permata tanzanite saat ini cukup variatif. Seperti batu permata lainnya, harga Tanzanite juga bergantung pada berat. Permata Tanzanite yang berwarna biru dengan unsur ungu pekat (Vivid Purplis Blue) dan kejernihan yang tinggi akan lebih mahal harganya.

Harga permata Tanzanite biru yang berkualitas bagus:

  • Harga per 1 carat kira-kira berkisar antara Rp. 4.3j juta hingga Rp. 6 juta.
  • Ukuran 2 carat dapat mencapai Rp. 6.5 juta – Rp. 9.3 juta per carat.
  • 3 carat lebih dapat mencapai mencapai hingga Rp. 11 juta per karat.

Harga tersebut merupakan harga pasaran tanzanite yang kami rangkum dari beberapa situs web internasional. Namun, di Indonesia sendiri kami melihat masih ada yang menjual permata tanzanite dengan harga murah. Tentunya, nilai tersebut kembali lagi pada kualitas warna, kejernihan, dan hasil potongan permata tersebut.

Perubahan yang terjadi di Tanzania menjadikan batu tanzanite sebagai salah satu permata yang layak untuk investasi.

Sudah sejak lama ketersediaan permata tanzanite lebih sedikit dibanding batu permata lain bahkan lebih sedikit dari batu safir, karena memang permata tanzanite ini hanya bisa di dapatkan dari satu daerah saja, yakni di Tanzania.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas dan harga batu tanzanite termasuk:

  • kedalaman warna,
  • kualitas warna di siang hari dan dalam pencahayaan pijar,
  • kejernihan,
  • jenis dan kualitas potongan

Kita dapat melihat kualitas batu permata tanzanite juga sama seperti penilaian kualitas untuk batu permata safir dan permata lainnya.

Contoh Perhiasan Tanzanite

Berikut merupakan contoh perhiasan batu permata Tanzanite dalam bentuk Cincin, Liontin, dan Anting.

liontin kalung tanzanite

Liontin Tanzanite

Pada gambar di samping, terlihat warna biru tanzanite dengan ada sedikit unsur keunguan. Kualitas permata tersebut sangat bagus dengan kejernihan yang terlihat, maka permainan kilauan cahaya pada warna vivid purplish blue tersebut akan sangat menarik.

Batu permata tanzanite yang digunakan memiliki berat sekitar 1 carat, emas putih yang digunakan sekitar 2 gram.

Harga perhiasan seperti ini biasanya dijual dipasaran berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta. Namun, Anda dapat lebih hemat jika membeli permata tanzanite dan membuat sendiri liontin tersebut.

cincin batu tanzanite

Cincin Tanzanite

Cincin Wanita ini termasuk cukup unik. Menggunakan 17 butir permata tanzanite dengan bentuk potongan “Marquise” dengan berat total 6.8 carat.

Cincin Tanzanite tersebut menggunakan Silver 925 dan berukuran ring 14 atau 7 US, cocok untuk wanita dengan tinggi 165 cm – 170 cm dan berat badan antara 60 kg hingga 65 kg.

Cincin tersebut dijual cukup murah pada salah satu website permata online yang cukup terkenal. Saat ini, cincin tersebut ditawarkan seharga Rp. 1.5 juta. Silahkan klik gambar untuk menuju website penjual cincin tanzanite tersebut. 

anting permata tanzanite

Anting Tanzanite

Anting lapis emas putih berbahan Silver 925 ini terdiri dari 20 buti permata tanzanite berwarna biru dengan total berat 4.10 carat.

Dengan puluhan butir permata ungu kebiruan yang berkilau, tentu akan sangat menarik ketika dikenakan oleh para Wanita. Jika bergerak sedikit, maka permainan kilauan cahaya tersebut akan semakin ramai dan mengaggumkan.

Sayangnya, Anting ini telah terjual di harga Rp. 1.8 juta, namun Anda tidak perlu khawatir sebab masih ada 1 stock Anting Tanzanite yang dapat Anda beli di situs permata online terpercaya di Indonesia.

Batu permata tanzanite juga hadir dalam warna lainnya seperti hijau dan kuning. Namun yang lebih umum dikenal adalah warna biru keunguan. Memang, ketersediaannya cukup jarang, apalagi di Indonesia. 

Ketika Anda akan membeli permata tanzanite di marketplace seperti tokopedia dan lainnya, harap perhatikan istilah sintetik berikut:

  • CZ = Cubic Zirconia alias Zircon Sintetis alias Kaca.
  • Lab Grown = Sintetik.

Terkadang penjelasan judul cukup mengecoh, banyak yang jual tanzanite palsu sebaga” Natural Tanzanite” namun di keterangan mereka tulis “CZ” yang artinya tanzanite sintetis.

Demikian sekilas mengenai batu permata tanzanite yang akhir-akhir ini semakin populer di Indonesia. Semoga penjelasan ini dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk membeli batu permata tanzanite.