Baik Anda menggunakan Instagram untuk bisnis maupun untuk lainnya, ada baiknya untuk mengetahui 24 metrik pengukuran kinerja Instagram. Hal ini dapat memberikan Anda wawasan yang lebih baik, terutama jika Anda adalah seorang influencer ataupun pemasar digital.

Memang tidak mudah untuk menjadi ahli dalam mengukur kinerja Instagram. Ini akan memerlukan beberapa set keterampilan yang juga harus melibatkan analytics website. Namun, ini menjadi wajib jika Anda ingin bertahan dalam persaingan branding. Sebelum kita melanjutkan pembahasan, ada 2 pertanyaan yang menggambarkan pentingnya untuk mengetahui pengukuran kinerja Instagram:

  • Tanpa memahami metrik Instagram, bagaimana Anda akan mengukur efektivitas pemasaran digital Anda?
  • Tanpa memahami taktik mana yang lebih efektif, bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda?.

Strategi pemasaran Instagram yang baik sudah tentu harus memiliki tujuan yang jelas, taktik yang dapat ditindaklanjuti, dan metrik kinerja yang terukur. Jika satu bagian rantai hilang, seluruh rantai akan putus.

Jadi dalam artikel hari ini, kita sama-sama akan mempelajari semua yang perlu diketahui tentang metrik untuk pengukuran kinerja Instagram. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat mulai meningkatkan upaya pemasaran Instagram. Kami akan membahas metrik Umum, Instagram Story, dan Iklan Instagram. Agar dapat membaca analitik, Anda harus mengaktifkan Instagram untuk Bisnis Anda.

Daftar Kategori Metrik:

22 Metrik Pengukuran Kinerja Instagram

Metrik Dasar 

1. Reach (Jangkauan)

Jangkauan adalah jumlah orang pengguna Instagram yang telah melihat pos Anda. Namun, tingkat jangkauan adalah jumlah orang yang telah melihat pos Anda dibagi dengan jumlah pengikut Anda.

Jangkauan selalu ditampilkan dalam angka, tingkat jangkauan selalu ditampilkan dalam persentase. Lalu, ada juga tingkat jangkauan rata-rata per pos, yang merupakan tingkat jangkauan rata-rata dari semua posting yang diterbitkan dalam periode waktu tertentu.

2. Impresi (Tayangan/Keterlihatan)

Tayangan adalah berapa kali posting / Cerita / profil Anda dilihat selama periode waktu tertentu. Pada dasarnya, metrik ini menghitung berapa kali posting Anda terlihat pada seseorang, seperti di Instagram, posting yang sama dapat dilihat beberapa kali, profil dapat dikunjungi beberapa kali.

Misalnya: jika satu orang telah melihat kiriman Anda tiga kali, ini akan dihitung sebagai 1 jangkauan dan 3 tayangan.

3. Tingkat Keterlibatan dan Keterlibatan Dalam Jangkauan

Tingkat keterlibatan adalah berapa jumlah suka, komentar, dan tindakan menyimpan yang dibagi dengan jumlah pengikut Anda.

Ada juga keterlibatan dalam jangkauan: jumlah suka, komentar, dan tindakan menyimpan yang dibagi dengan jangkauan postingan, bukan pengikut.

Misalnya: Anda memiliki 100 pengikut, tetapi ada 150 orang yang melihat posting terbaru Anda dan mendapat 20 suka. “Tingkat keterlibatan” 20% untuk pos ini, sementara “keterlibatan berdasarkan jangkauan” adalah 13% – jika Anda ingin menilai keberhasilan pos Anda.

Seberapa tinggi seharusnya tingkat keterlibatan Anda?

Biasanya, semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin rendah tingkat keterlibatan Anda. Ini adalah aturan praktis yang berlaku untuk sebagian besar metrik Instagram: karena jumlah pengikut Anda naik, persentase keterlibatan turun.

Singkatnya: Anda memiliki sekitar 32.000 pengikut di akun Instagram dan tingkat keterlibatan adalah 8,57% per post. Namun, seorang SelebGram memiliki sekitar 108,5 juta pengikut dan tingkat keterlibatannya adalah 1,97%.

Di mana mencari Reach, Impressions, dan Engagement?

Jika Anda telah mengaktifkan Instagram untuk Bisnis, Anda dapat menemukan dua metrik ini di bawah pos tertentu yang ingin Anda analisis, klik tombol “Insights”.

4. Pertumbuhan Pengikut

Metrik ini menjelaskan pertumbuhan pengikut yang diperoleh selama periode waktu tertentu.

Jika Anda kehilangan pengikut mungkin Anda kecewa. Anda mungkin ingin mencoba berbagai taktik pertumbuhan dan keterlibatan dan melihat mana yang cocok untuk Anda.

5. Sebutan

Sebutan: Jumlah posting akun lain yang menyebutkan akun Instagram Anda baik sebagai ditandai dalam posting, atau disebutkan dalam keterangan.

Metrik ini juga dapat dijadikan sebagai pengukuran kinerja Instagram yang mencerminkan “Brand Lift”, berapa banyak yang menyebut akun Anda. Namun sayangya Anda harus gunakan peralatan pengukuran lainnya karena Instagram tidak menyediakan wawasan metrik ini.

Kunjungan Profil

Jumlah kunjungan di halaman profil Instagram Anda. Mungkin ini dapat mencerminkan seberapa besar penasarannya seorang pengguna terhadap akun Instagram Anda setelah melihat salah satu postingan Anda.

7. Klik e-Mail

Jumlah klik untuk mengirim email bisnis Anda di profil Instagram Anda.

Rasio klik email adalah persentase yang menunjukkan jumlah klik atau tap kirim email dibagi dengan jumlah tampilan profil

Contoh: Katakanlah, email Anda diklik 100 kali, sedangkan profil Anda telah dilihat 100.000 kali dalam 30 hari terakhir. Ini membuat tingkat klik email Anda 0,1%.

 

8. Dapatkan Penunjuk Arah

Klik ‘Dapatkan arahan’ merupakan sejumlah klik yang dilakukan untuk mendapatkan arahan ke bisnis Anda dari profil Instagram Anda.

Click Dapatkan arah ’tingkat klik: persentase yang mewakili jumlah klik‘ dapatkan arah ’dibagi dengan jumlah total tampilan profil.

Contoh: Tombol ‘dapatkan petunjuk arah’ Anda telah direkam 100 kali dalam 30 hari terakhir. Profil Anda telah dilihat 100.000 kali selama periode waktu yang sama, yang membuat tingkat klik ‘Dapatkan arahan’ Anda 0,1%.

 

9. Klik Situs Web

Klik situs web adalah jumlah klik ke situs web dari profil Instagram Anda.

Rasio klik situs web adalah persentase yang menunjukkan jumlah kunjungan website dibagi dengan jumlah total tampilan profil selama periode waktu yang dipilih.

Misalnya: Jika selama 30 hari terakhir Anda mendapatkan 1000 klik situs web dan situs web Anda telah dilihat sebanyak 100.000 kali, rasio klik situs web Anda adalah 1%.

Hanya ada satu tempat (sejauh ini) di mana Instagram melacak klik pada URL, dan itu ada di bio singkat Anda. Jika Anda mencari cara untuk mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran merek Anda, masukkan URL di bio Anda. Dan jika Anda ingin menambahkan beberapa tautan ke bio maka Anda dapat gunakan LinkTree.

10. Simpan

Simpan adalah jumlah orang yang telah menyimpan pos Anda.

Jumlah simpan rata-rata adalah jumlah rata-rata simpanan yang telah dikumpulkan oleh posting Anda selama periode waktu yang dipilih.

Misalnya: Jika dalam 30 hari terakhir, Anda menerbitkan 5 pos dan ada 100 orang yang menyimpan, maka rata-rata simpanan Anda adalah 20.

11. Views

Volume video yang dilihat posting Anda dikumpulkan berdasarkan rentang tanggal yang Anda pilih.

Tingkat tampilan: berapa kali video dilihat, dibagi dengan jumlah tayangan yang diterima video.

Catatan: Seseorang mungkin telah melihat posting Anda, tetapi belum tentu menonton videonya. Dalam hal ini, itu akan dihitung sebagai 1 tayangan, tetapi tidak 1 tampilan.

Metrik Instagram Story

12. Exit (Keluar)

Pada dasarnya, pintu keluar menunjukkan berapa banyak orang yang meninggalkan Kisah Anda tanpa menontonnya sampai akhir.

Keluar terjadi ketika:

  • Pengguna menutup Instagram saat melihat Kisah Anda
  • Pengguna telah mengeklik “X” di sudut kanan atas Kisah Anda
  • Pengguna telah menggesek media, mengakhiri kembali pada umpan utama

Sementara itu, tingkat keluar dalam Cerita adalah sejumlah pintu keluar dibagi dengan jumlah tayangan.

Contoh: Anda mendapat 234 tayangan dan 21 yang keluar. Tingkat keluar dengan demikian akan menjadi 8,9%.

 

13. Swipes Away (Usap Keluar)

Instagram Insights juga menawarkan metrik gesek, yang menunjukkan berapa banyak orang yang menggesek, TIDAK mengetuk, ke kiri atau kanan untuk pindah ke Story pengguna lain.

Semakin banyak yang melakukan hal tersebut, berarti semakin banyak yang kurang tertarik dengan cerita Anda. Mungkin terlalu banyak, terlalu lama, dan membosankan.

14. Tap ke Depan

Jumlah tap screen paraq pengguna untuk melihat foto atau video berikutnya.
Jika Anda memiliki banyak tap ke depan, ini mungkin menjadi tanda peringatan bahwa Cerita Anda tidak menarik, atau terlalu lama. Tap ke depan juga dapat terjadi ketika Anda menempatkan stiker terlalu dekat ke sisi kanan layar.

15. Tap Kembali

Jumlah tap yang dibuat pengguna untuk melihat foto atau video Anda sebelumnya. Sementara tap / mengetuk kembali juga dapat terjadi secara tidak sengaja, sejumlah besar darinya dapat berfungsi sebagai sinyal bahwa orang-orang cukup menyukai Kisah Anda sebelumnya untuk menonton ulang, atau sangat menyukai Kisah Anda saat ini sehingga mereka dengan cepat mengetuk kembali dan kemudian mengetuk ke depan untuk menontonnya lagi.

Saat membandingkan tap back / forward, menerima tap back mungkin adalah KPI Instagram yang lebih baik untuk menilai kinerja konten cerita Anda.

16. Balasan

Jumlah DM terkait dengan Cerita Anda yang Anda terima di kotak DM Anda.
Di mana menemukan tap keluar, usap pergi, ketuk mundur / maju dan balasan:
Di Instagram, Anda perlu mengklik filter untuk dapat melihatnya.

17. Pintasan

Pintasan adalah total tap back, ketuk ke depan, geser ke atas, dan keluar. Pada dasarnya, ini adalah sejumlah “pintasan” yang diambil orang untuk menyelesaikan cerita sebelum benar-benar berakhir.

Metrik Instagram LIVE

18. Jumlah Pemirsa Live

Going live adalah salah satu tren Instagram terbesar saat ini, terutama saat pandemik COVID-19 yang banyak membuat para selebritis melakukan live show.

Jadi masuk akal untuk mencobanya – dan mengukur keberhasilan upaya Anda. Satu-satunya metrik yang diukur adalah jumlah pemirsa.

Jumlah Pemirsa: Setelah seseorang bergabung dengan siaran, ini dihitung sebagai tampilan.

Ada juga pemirsa pada waktu tertentu: sejumlah akun menonton video live Anda pada periode waktu tertentu. Jumlah ini berfluktuasi, karena orang-orang terus-menerus bergabung dan meninggalkan siaran Anda, tetapi mungkin masuk akal untuk melacak jumlah awal pemirsa di awal siaran Anda, karena pada dasarnya menunjukkan betapa tertariknya pengikut Anda dalam siaran Anda.

Jika angka awal terlalu rendah, upayakan untuk meningkatkan tingkat keterlibatan Anda (aktifkan minat pengikut Anda).

Anda dapat menemukan jumlah pemirsa langsung pada waktu tertentu di sudut kiri atas layar, segera setelah Anda melakukan siaran langsung.

Saat Anda mengakhiri siaran, Instagram akan memberi tahu Anda jumlah pemirsa langsung paling banyak yang telah menonton bagian mana pun dari video Anda.

Karena tidak ada analitik di Instagram Live saat ini, saya sarankan Anda mencatat angka-angka atau mengambil tangkapan layar tepat setelah siaran Anda, untuk melacak dan melihat apakah semakin banyak pengikut Anda yang tertarik pada siaran langsung Anda dari waktu ke waktu.

Metrik Iklan Instagram

21. Click Trough Rate

Jumlah klik yang diterima iklan Anda  dibagi dengan berapa kali iklan Anda ditampilkan (tayangan). Selalu ditampilkan dalam persentase.

22. Biaya Per Klik

Jumlah uang yang Anda bebankan untuk satu klik pada iklan Anda.

21. Biaya Rata-rata per Klik

Dihitung dengan membagi total biaya klik Anda dengan jumlah total klik. Katakanlah, iklan Anda mendapat dua klik – satu biaya Rp. 1000, yang lain Rp. 3000, berarti Anda menghabiskan total Rp. 4000. Jika Anda membagi Rp. 4000 (total) dengan 2 (jumlah klik), BPK rata-rata adalah Rp. 2000,-.

22. Klik

Jumlah klik aktual yang diterima iklan Anda.

Tentu sebagai pemasara digital Anda harus memahami metrik-metrik penting sesuai tujuan bisnis, tidak perlu semuanya. Terutama untuk Anda yang mengelola akun brand ternama atau akun perusahaan.

22 metrik tersebut dapat memberikan pengukuran kinerja Instagram Anda. Sehingga, Anda dapat menentukan apakah upaya di Instagram yang dikerahkan untuk tujuan atau tahapan tertentu dalam social media marketing sudah on track atau masih perlu penyesuaian.

Dengan demikian, barulah kita dapat berharap pemasaran digital dapat bekerja secara efektif atas dasar yang kuat.

Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This