Dalam industri makanan, mesin pengering dehidrator sudah banyak digunakan. Untuk bisnis rumahan, alat ini juga dapat Anda gunakan.

Mesing dehidrator makanan modern telah dirancang untuk mengeringkan beragam buah dan sayuran dengan mengatur suhu untuk pengeringan yang merata dan konsisten.

Manfaat Mesin Pengering Dehidrator untuk Produk Kuliner

Mesin dapur yang nyaman ini dengan cepat menjadi bahan pokok rumah tangga di seluruh dunia karena mudah untuk Anda gunakan, murah, dan menawarkan alternatif yang lebih sehat.

Dehidrasi makanan adalah

proses mengurangi kelembaban makanan ke tingkat yang rendah untuk meningkatkan umur simpan dengan menambahkan satu atau lebih bentuk energi ke makanan.

Berikut manfaat mesin pengering dehidrasi untuk para pebisnis kuliner:

1. Makanan Dehidrasi Rasa dan Aromanya Enak

Menggunakan dehidrator makanan untuk menghilangkan kelembapan dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan daging, menciptakan makanan dengan rasa yang terkonsentrasi, kaya, dan lezat secara alami.

Tidak hanya itu, saat membuat makanan sendiri, Anda mengetahui kualitas dan kesegaran produk yang Anda gunakan – tidak seperti saat makan makanan kering yang dibeli dari toko kelontong.

2. Mengurangi sisa makanan & perpanjang umur simpan

Anda tidak perlu membuang makanan lagi jika menggunakan mesing pengering dehidrasi untuk makanan. Menggunakan sisa buah dan sayuran Anda dalam dehidrator makanan akan memperpanjang umur simpannya hingga 2 tahun! Ya, itu benar – 2 tahun!

Di bawah ini adalah beberapa cara Anda dapat mengurangi limbah makanan dengan mengawetkan makanan dengan mesin pengering dehidrator dan menjaga persediaan dapur Anda sepanjang tahun sambil menghemat uang dalam prosesnya;

  • Mengelola sayuran atau herbal yang lebih besar tanpa khawatir makanan akan terbuang sia-sia – cukup gunakan dehidrator untuk mengeringkan sayuran dan buah-buahan atau membuat keripik sayuran. Beberapa sayuran yang bekerja dengan baik dalam dehidrator termasuk kangkung, bit, lobak, wortel, daun kelor, ubi jalar dan bahkan kacang hijau.
  • Beli banyak di musim panen untuk menghemat modal Anda. Sebagai contoh; beli cabai pada harga sedang turun, keringkan dan gunakan untuk 2 tahun kedepan!
  • Simpan makanan yang akan rusak, seperti buah yang terlupakan di bagian belakang lemari es Anda, dan ubah menjadi camilan sehat yang lezat dan camilan seperti kulit buah. Makanan dehidrasi juga dapat “dihidrasi ulang” hanya dengan air atau dengan menambahkan sup, semur atau saus pasta.

3. Makanan Sehat & 100% Alami

Dehidrasi makanan hanya membutuhkan satu bahan, makanan yang Anda keringkan. Jadi tidak hanya 100% alami, tetapi Anda juga mendapat manfaat dari semua mineral dan serat secara utuh. Ini tidak seperti memasak dan mengukus, Anda tidak kehilangan satu pun bahan. kandungan nutrisi dari makanan yang Anda dehidrasi.

Menggunakan mesin pengering dehidrasi akan mengubah cara Anda memandang makanan.

Buah dan sayuran sederhana dapat diubah menjadi camilan dan camilan yang lezat dan sehat. Alternatif sehat untuk junk food dapat dibuat di dehidrator dan kemungkinannya benar-benar tidak terbatas! Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah makanan yang Anda konsumsi yang sebenarnya dikeringkan dan Anda dapat membuatnya sendiri.

Ketika kita memikirkan buah kering, kita cenderung mengasosiasikannya dengan “camilan sehat” dan sering kali orang-orang yang sedang berdiet mengonsumsi buah kering dalam jumlah besar karena menganggapnya sebagai alternatif yang sehat untuk manisan atau permen.

Namun, tidak demikian halnya dengan buah kering yang dibeli di toko. Banyak buah kering yang dibeli di toko mengandung tambahan gula, sulfur dioksida, dan lemak trans – yang semuanya dapat berbahaya bagi Anda dan keluarga!

Sulfur dioksida terkadang ditambahkan untuk menyimpan buah kering yang dibeli untuk mencegah perubahan warna. Sulfur dioksida dapat menyebabkan asma, ruam kulit dan sakit perut. Sulfur dioksida terutama ada dalam aprikot kering, yang memberi mereka warna oranye cerah.

Dengan membuat buah kering Anda sendiri, tidak ada aditif atau pengawet – Anda yang mengontrol apa yang masuk ke dalam makanan Anda! Jika Anda lelah tidak bisa memberikan camilan sehat untuk anak dan keluarga, food dehidrator adalah jawabannya.

4. Hemat Biaya

Makanan ringan yang kia beli di toko bisa mahal dan makanan organik dehidrasi seringkali sangat mahal.

Anda dapat menghemat banyak uang dengan menggunakan mesin dehidrator makanan. Beli bahan makanan segar dalam jumlah besar saat musim panen, atau dengan memanen produk Anda sendiri, gunakan berbulan-bulan setelahnya.

Alat dehidrator makanan sangat hemat biaya untuk dijalankan. Biaya sekitar Rp. 12.500,- untuk digunakan selama periode 8 jam. Ini merupakan waktu pengeringan rata-rata untuk keripik buah atau sayuran.

Jadi, manfaatkan penawaran tersebut dari toko bahan makanan lokal atau petani dan ingatlah untuk mengeringkan makanan dan menyimpannya untuk nanti.

5. Penyimpanan yang Efisien

Makanan kering mengambil kurang dari seperenam dari ruang penyimpanan aslinya dan tidak memerlukan saluran listrik yang berkelanjutan dari lemari es atau freezer.

Cukup kemas makanan yang bersih, kering, wadah anti serangga atau stoples pengalengan, wadah freezer plastik dengan tutup yang rapat, kantong plastik freezer atau kantong segel vakum (dalam ukuran porsi tunggal) dan simpan di dapur Anda untuk camilan yang sempurna.

Pengurangan ukuran yang signifikan ini sangat ideal untuk anda yang ingin berkemah, trekking atau touring.

6. Portabilitas

Mesing pengering dehidrasi makanan dapat berbentukkompak, ringan dan mereka bepergian dengan baik. Kecuali untuk industri makanan, namun cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda dapat melihat produk mesin pengering industri makanan dengan sistem dehidrasi dan radio frekuensi.

Makanan dan camilan sehat bisa mahal dan Anda tidak selalu dapat menemukannya, atau memiliki akses ke sana saat bepergian. Dengan alat dehidrasi makanan di rumah, Anda dapat membuat makanan ringan yang sempurna untuk kotak makan siang sekolah anak-anak Anda, atau penghilang rasa lapar tengah hari saat Anda sedang di jalan atau di tempat kerja.

7. Pengeringan Presisi

Jika Anda pernah mencoba mengeringkan makanan di oven, maka Anda akan memahami rasa frustrasi yang kadang-kadang dapat ditimbulkannya. Ini bukan hanya karena biaya listrik yang lebih tinggi yang harus Anda bayar, tetapi karena sebagian besar oven rumah tangga sering bermasalah pada pengaturan suhu.

Sebaliknya, dengan menggunakan mesin dehidrator makanan, Anda memiliki kontrol penuh saat mengeringkan makanan pada suhu yang lebih rendah.

Banyak food dehydrator yang menawarkan rentang termostat antara 35 – 70 derajat celsius – jauh lebih rendah daripada oven rumah tangga rata-rata.

Karena suhu rendah ini, makanan yang dibuat dengan mesin pengering dehidrator sering dianggap sebagai ‘makanan mentah’. Diet makanan mentah memiliki banyak manfaat, dan dikatakan melestarikan nutrisi dan enzim hidup dalam buah-buahan dan sayuran tidak seperti proses pemanasan yang dikatakan menghilangkan atau menghabiskannya dari makanan.

Selanjutnya, jika Anda menjalani diet makanan mentah, atau hanya mencoba makan lebih banyak makanan mentah, mesin pengering dehidrator makanan memberikan alternatif yang baik untuk menyiapkan makanan pada suhu di bawah 46 derajat celsius. Ini merupakan suhu ambang batas di mana enzim dan nutrisi dianggap penting. terawat – daripada peralatan dapur lainnya di pasaran.

8. Fleksibel & Serbaguna

Baik Anda ingin membuat kulit buah, beberapa kacang, atau membuat sekumpulan keripik sayuran, pengering makanan memberi Anda fleksibilitas untuk melakukan semuanya – plus Anda memiliki opsi untuk menjalankan mesin selama beberapa jam, atau lebih dari beberapa hari!.

Meskipun Anda hanya dibatasi oleh imajinasi Anda, di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda buat dengan dehidrator makanan…

  • Gulungan Buah Dehidrasi – ini adalah pemenang bersama anak-anak! Cukup campurkan buah (dan bahkan beberapa yogurt) dehidrasi dan gulung. Ini camilan kotak makan siang yang sempurna.
  • Buah-buahan kering seperti anggur, blueberry, stroberi, mangga, pisang, nanas, dan buah kiwi
  • Keripik sayuran sehat – buat keripik renyah dari bit, wortel, ubi dan ubi jalar tanpa minyak
  • Dendeng – bereksperimen dengan berbagai varietas: daging sapi, domba, ikan, dan unggas dengan bumbu dan rempah segar bebas pengawet
  • Buat alternatif roti sehat seperti roti biji rami, bahan dasar pizza, dan kerupuk
  • Granola sehat, kacang-kacangan dan biji-bijian aktif
  • Camilan anjing dan hewan sehat tanpa bahan pengawet

Untuk lebih banyak ide, tip dan trik, lihat bagian resep dehidrator makanan kami di sini atau Sebagai gantinya untuk resep dehidrator makanan lainnya.

9. Sederhana & Mudah Digunakan

Mesin pengering dehidrator makanan pada dasarnya sangat mudah pengoperasioannya. Dengan sistem set dan lupakan yang mudah, Anda cukup menyiapkan makanan dengan mengiris menjadi beberapa bagian. Kemudian letakkan di atas nampan, setel pengatur waktu, dan selesai.

Selain itu, Anda akan senang mengetahui bahwa suhu disetel sangat rendah sehingga hampir tidak mungkin membuat makanan Anda terlalu kering. Anda selalu dapat ‘menghidrasi ulang’ dengan sedikit air atau menambahkannya ke sup, semur atau saus pasta.

10. Pengawetan Aman – Risiko bakteri dan pembusukan sangat rendah

Tidak seperti metode pengawetan lainnya, karena pengering makanan menghilangkan kandungan air dari makanan selama proses pengeringan, risiko pertumbuhan atau pembusukan bakteri sangat rendah.

Faktanya, dehidrasi biasa digunakan oleh para pekemah, pejalan kaki, dan bahkan astronot karena metode pengawetannya yang aman!.

Kesimpulan

Untuk pertimbangan rasa, aroma, nutrisi, kesehatan dan biaya, mesin pengering dehidrasi makanan dapat menjadi solusi. Terutama untuk Anda yang bisnis kuliner.

Mesin ini dapat menghemat modal Anda, seperti membeli cabai dan bawang pada saat panen raya. Anda dapat gunakan stok bahan makanan tersebut beberapa bulan setelahnya tanpa mengurangi rasa dan nutrisinya.

Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk mempertimbangkan memproduksi makanan dengan memanfaatkan alat dehidrasi makanan.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda para pebisnis kuliner di seluruh Nusantara.

Jasa Pembuatan Website Toko Online
Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

Pin It on Pinterest

Share This