Mau Sewa Data Center untuk Colocation ? Baca Ini Dulu Yuk!

Bagi perusahaan besar, penyedia layanan dedicated hosting dan cloud hosting, tentunya penyedia colocation server merupakan mitra strategis mereka. Ini karena infrastruktur tempat sewa data center tersebut harus dapat diandalkan baik secara teknis maupun secara dukungan. Sebuah data center merupakan gedung fisik yang memilki seluruh infrastruktur yang dibutuhkan untuk penempatan server. Baik jaringan, pendingin, ruangan server, monitoring, cadangan listrik, hingga pengamanan kebakaran dan pengamanan lainnya.

faktor yang perlu diperhatikan sebelum sewa data center

Tips Memilih Sewa Data Center

Kelangsungan operasional terus menerus tanpa gangguan atau yang lebih dikenal dengan istilah “uptime” merupakan alasan utama dalam memilih sebuah data center untuk colocation server.

Sebelum memutuskan untuk memilih dimana anda akan sewa data center, ada baiknya memperhatikan beberapa faktor dibawah ini:

  • Lokasi – pilihlah lokasi data center yang tidak berada pada lokasi banjir, macet, dan sering terjadi huru-hara.
  • Sertifikasi – cari tau sertifikasi yang dimiliki. Sertifikasi yang perlu dicari tau adalah sertifikasi fasilitas dan sertifikasi profesional yang mereka miliki.
  • Uptime – pilihlah data center yang telah mendapat sertifikasi dari uptime institute dengan minimal Tier III. Ini artinya ketersediaan operasional terus menerus dijamin 99.99%. Dan dalam 1 tahun tidak akan ada downtime lebih dari 1.5 jam. Biaya downtime per jam bagi setiap usaha dapat bervariasi, mulai dari Rp. 1 miyar per jam hingga 5 milyar per jam! Beberapa data center Tier III beroperasi dengan Tier IV artinya hampir tidak ada downtime.
  • Dukungan pelanggan – ini juga merupakan faktor penting, tentunya akan sangat menyulitkan jika memilih sewa data center yang arogan dan dukungan pelangganya berbelit-belit.
  • Daftar pelanggan – perhatikan daftar pelanggan perusahaan penyewaan data center tersebut. Jika terdapat perusahaan-perusahaan besar atau sejenis dengan anda, maka hal itu dapat menjadi nilai plus.

Kelima faktor tersebut diatas dapat dijadikan rujukan dalam memilih tempat untuk penempatan server anda. Mengingat kontrak yang harus dilakukan adalah kontrak jangka panjang, jangan lupa untuk memperhatikan jaminan layanan (atau SLA).

Data center merupakan mitra strategis bagi Perusahaan Modern

Bagi perusahaan yang telah menyadari pentingnya untuk melakukan inovasi dengan bertransformasi digital secara terus menerus, tentu sebuah data center dapat dikatakan sebagai partner strategis. Jika anda sewa data center yang sering bermasalah, tentu akan menghambat kelancaran operasional bisnis anda. Biaya kerugian downtime merupakan intangible cost atau sesuatu yang tidak dapat ditentukan nilainya, karena belum kelihatan. Akan tetapi dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, anda dapat mengukur biaya downtime tersebut. Perusahaan di Indonesia harus mulai mencadangkan biaya downtime pada pos-pos antisipasi di laporan keuangan mereka. Dan harus mengakui biaya yang ditimbulkan akibat downtime secara lebih jelas, agar para pemangku kepentingan dapat memahami dan mengambil keputusan.

tier III data center indonesia

Data center yang siap untuk menjadi mitra strategis anda sebetulnya adalah sebuah data center yang banyak dipakai sebagai disaster recovery center. Biasanya data center tersebut benar-benar berdiri secara “kokoh” dan berkomitmen untuk menjaga kelangsungan layanan atau uptime secara terus menerus.

Terlebih lagi, jika anda memilih penyedia data center yang juga menyediakan jasa pengelolaan IT dengan praktik devops terbaik, tentunya perusahaan tersebut dapat anda andalkan dalam banyak kebutuhan perusahaan anda. Terkadang sebuah data center dapat menawarkan modular data center bagi perusahaan yang ingin lebih dekat dengan pelanggan. Sebuah modular data center merupakan solusi bagi perusahaan besar atau untuk organisasi pemerintahan yang membutuhkan penambahan kapasitas data center secara cepat.

Dalam era persaingan digital, perusahaan semakin dituntut untuk dapat memberikan peningkatan pengalaman pelanggan, jika tidak, ini akan dilakukan perusahaan lain. Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih lokasi sewa data center di Indonesia. Pilihlah yang terbaik dan lengkap layanan dukungannya. Seharusnya, akan lebih banyak keuntungan yang didapat perusahaan anda jika memilih colocation center yang tepat dan dapat diandalkan.

Trackbacks & Pings