Keaslian batu zamrud cukup mudah dikenali, dengan serat inklusi alami yang unik baik yang dapat dilihat oleh mata maupun hanya oleh loop (kaca pembesar batu mulia). Cara lain bisa juga dengan meletakkan batu permata tersebut diantara 2 jari yang akan menyala terang secara perlahan. Ini disebabkan karena batu zamrud termasuk batu alami yang mudah menyerap energi di sekitarnya dan di refleksikan didalam kristal suatu batu zamrud sehingga membentuk partikel (ion-ion) yang membuat batu zamrud menyala terang. Cukup mudah bukan ? Selanjutnya mari simak kualitas batu zamrud

Kualitas Batu Zamrud

Banyak orang yang menganggap darimana batu zamrud berasal merupakan cara menilai kualitas batu zamrud. Hal ini sebetulnya hal ini kurang relevan.. karena batu permata zamrud yang bagus cukup mudah dikenali oleh mata kita. Jadi kualitas batu zamrud bukan dari mana batu zamrud tersebut berasal. Berikut parameter penilaian kualitas batu zamrud.

  • Kualitas Warna

    Pada dasarnya, batu zamrud berwarna hijau dan hanya ada percampuran Hijau Biru dan Hijau Kuning. Kualitas warna ini tergantung selera masing-masing. Kedua jenis warna tersebut dapat menjadikan suatu batu zamrud menjadi indah sepanjang di dukung kepekatan dan gradasi yang rapih dan proporsional.

  • Kualitas Kristal

    Setelah mengenali kualitas warna, kualitas kristal juga menjadi alasan kenapa suatu batu zamrud itu bagus. Batu zamrud yang berkualitas bagus yang memiliki kualitas kristal yang lebih bersih dari kotoran alami, bening dan transparant, semakin bening berarti semakin halus serat batu zamrud tersebut.

  • Kualitas Serat

    Dengan serat yang lebih halus, maka kristal lebih bening sehingga permainan cahaya yang terperangkap dan terbias keluar dapat lebih maksimal. Ini karena batu jamrud tersebut tidak terlalu terhalang oleh inklusi kotoran yang biasanya berwarna hitam. Terkadang, suatu batu mulia zamrud memiliki keindahan yang unik dengan serat inklusi alami yang banyak. Serat batu zamrud yang halus ini disebut serat bulu burung atau silk feather atau juga disebut jardin.

  • Kualitas Cahaya (luster)

    Setelah mendapati warna yang lebih jelas dengan percampuran “hue” yang bagus baik hijau kebiruan maupun hijau kekuningan, dan mendapatkan kristal yang lebih bersih dari inklusi serta berserat yang halus dan unik. Anda dapat melihat kualitas cahaya luster yang tajam dan atraktif sehingga mengeluarkan kerlipan yang indah.

  • Kualitas Potongan

    Batu Mulia Zamrud yang memiliki potongan yang rapih dinilai lebih tinggi di pasaran. Baik pasaran ritel ataupun antar pedagang batu mulia. Selain lebih enak dilihat juga lebih mudah dan lebih bagus untuk dipasang ke cincin.

Ukuran dan berat batu zamrud juga menjadi tolak ukur suatu penilaian harga, baik itu untuk batu zamrud yang berkualitas bagus atau berkualitas rendah. Silahkan lihat masing-masing kualitas batu zamrud dibawah ini.

Treatment Pada Batu Zamrud

juga berpengaruh, myaoritas batu zamrud di rawat dengan colorless oil atau menggunakan minyak chedar, karena treatment jenis ini tidak merubah kandungan di dalam batu mulia zamrud dan menambah keindahan batu zamrud yang bersifat hampir permanen.

Keaslian batu zamrud

lebih mudah bagi anda yang baru menyukai batu mulia adalah dengan memo hasil cek keaslian dari laboratorium batu mulia terpercaya yang sudah berjalan lama bisnisnya di Indonesia, yakni IGL ASIA. Lebih baik anda cek di lab batu mulia yang lebih mahal sedikit biaya jasanya akan tetapi keberadaan dan independensinya terjaga.

Batu Mulia Zamrud Sebagai Alternatif Sarana Investasi

Akhirnya, kini hobby anda pada keindahan permata asli berkualitas seperti fine emerald dapat menjadi investasi di masa depan, karena agregat indeks harga pasaran batu zamrud secara internasional terus meningkat melebihi peningkatan harga emas karena batu zamrud tidak dapat dilebur seperti emas untuk menjadi bongkahan yang lebih besar dan cadangan batu zamrud semakin sedikit sedangkan peminatnya di dunia bertambah.

Kenaikan harga rata-rata batu zamrud di dunia terus terjadi, dimana harga pasaran rata-rata zamrud per carat hingga di tahun 2017 ini mencapai Rp. 1.500.000,-  per carat. Sedangkan semakin lama batu zamrud dengan treatment “colorless oil” disimpan maka semakin lama akan semakin indah dan semakin bagus kualitasnya.

Harga batu zamrud tidak ada patokannya, hanya saja untuk yang berkualitas bagus biasanya per carat dapat mencapai mulai dari Rp. 5jt bahkan dapat melebihi harga berlian hingga Rp. 500jt per carat.

Demikianlah kriteria cara peniliaian batu zamrud yang berkualitas bagus. Semoga bermanfaat ..

Pin It on Pinterest

Share This